Terbit: 31 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu aktivitas ibadah yang hanya ada satu tahun sekali dan berbarengan dengan puasa adalah Tarawih. Salat yang dilakukan setelah Isya ini menjadi kesenangan sendiri bagi beberapa orang.

5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Kantuk Saat Akan Tarawih

Meski Tarawih hanya hadir setahun sekali, beberapa orang jarang melakukannya. Mereka lebih  suka di rumah karena kondisi tubuh yang lemas dan rasa kantuk yang sangat besar.

Nah, kalau Anda tidak ingin mendapatkan rasa kantuk yang terlalu menyiksa dan menyebabkan tubuh jadi susah diajak Tarawih, coba lakukan beberapa tips di bawah ini dengan saksama. Selanjutnya biasakan setiap hari agar Anda tidak merasa tersiksa.

  1. Lakukan olahraga sebelum atau sesudah berbuka

Salah satu pemicu terbesar yang menyebabkan kita sering merasa lelah dan mengantuk setelah berbuka puasa adalah tubuh yang pasif. Setelah tubuh merasa nyaman karena ada asupan nutrisi, rasa kantuk pun datang dengan sendirinya.

Kalau Anda ingin tetap bugar dan tidak mengantuk setiap harinya, coba untuk melakukan olahraga rutin setiap harinya. Lakukan olahraga sebelum berbuka puasa atau setelahnya. Lakukan sekitar 15-30 menit saja.

Dengan melakukan olahraga, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Rasa lemas karena tubuh tidak aktif bisa dihindari dengan cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga terhindar dari risiko penimbunan lemak dan obesitas.

Mulai saat ini biasakan untuk lebih aktif setiap harinya. Saat akhir pekan malas-malasan boleh, tapi jangan dijadikan kebiasaan.

  1. Jangan Makan terlalu banyak karbohidrat

Setelah lapar seharian kita sering bernafsu untuk makan yang banyak atau sesuatu yang manis. Akhirnya saat waktu berbuka puasa tiba kita jadi makan berlebihan.

Kita menyantap apa saja yang ada dengan cepat. Minuman manis seperti es teh atau es buah kita habiskan dengan cepat. Selanjutnya aneka laut kita santap dengan nasi hingga kenyang.

Apa yang kita lakukan ini berdampak buruk pada tubuh dan kantuk akan muncul dengan sendirinya. Banyaknya karbohidrat dan gula yang masuk menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Pada penderita diabetes kondisi ini akan merugikan karena bisa membuat tubuh jadi mudah drop.

  1. Jangan Langsung rebahan setelah makan

Setelah makan jangan langsung rebahan di atas tempat tidur. Tubuh akan memberikan perintah pada lambung untuk memperlambat pencernaan dan rasa kantuk

Setelah berbuka lebih baik melakukan aktivitas lain yang membuat tubuh jadi bergerak. Anda bisa segera beribadah jika Magrib belum dijalankan atau melakukan olahraga ringan.

Jangan buat tubuh menjadi pasif. Kalau Anda pasif rasa kantuk akan muncul dengan mudah dan membuat Anda malas Tarawih.

  1. Minum air putih yang cukup

Rasa kantuk yang sering muncul biasanya disebabkan oleh kondisi dehidrasi. Kalau tubuh mengalami dehidrasi yang cukup akut, setelah minum segelas air pun tidak akan mengobati rasa lemas dan kantuknya.

Agar rasa kantuk segera reda, usahakan untuk minum minimal 2 gelas air saat berbuka puasa. Minum dengan perlahan-lahan dan buat tubuh terhidrasi dengan sempurna.

  1. Istirahat yang cukup

Rasa kantuk yang sering muncul setelah berbuka puasa juga bisa disebabkan oleh kondisi kurang tidur. Dalam satu hari Anda tetap harus tidur s lama 6-8 jam.

Kalau tidur yang penting ini kurang, tubuh akan membuat mekanisme pemenuhan jam tidur. Akhirnya Anda jadi mudah mengantuk karena sering hutang tidur setiap harinya.

Demikianlah ulasan tentang cara mencegah kantuk saat akan berangkat Tarawih. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Yuk, Tarawih ke masjid hari ini!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi