Terbit: 6 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Dibalik kelezatan buah durian, rupanya ada hal yang membuat kalian tidak bisa mengkonsumsinya secara berlebihan, salah satunya ialah mabuk durian. Simak cara menghilangkan mabuk durian berikut ini!

6 Cara Mengatasi Mabuk Durian, Tidak Usah Panik!

Apa itu Istilah Mabuk Durian?

Pada April 2019 di China, polisi berhasil menangkap seorang pengemudi yang menyetir mobil dengan kadar alkohol dalam darah sebesar 0,36. Setelah ditelusuri lebih lanjut, rupanya pengemudi tersebut mengkonsumsi durian dalam jumlah berlebihan.

Kasus tersebut tentunya bukan terjadi untuk pertama kali. Anda mungkin juga pernah mengalami pusing atau mual ketika mengkonsumsi buah durian terlalu banyak. Kondisi inilah yang disebut dengan istilah “mabuk durian”.

Meskipun belum ditemukan secara pasti pemicunya, namun para ahli medis percaya kondisi “mabuk durian” dipicu oleh tingginya kandungan gula dalam buah durian, seperti fruktosa dan sukrosa.

Bagi penderita diabetes maupun orang yang memiliki riwayat keturunan penderita diabetes, hal tersebut dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah yang ditandai dengan gejala seperti penglihatan kabur dan mual.

Buah durian juga disinyalir mengandung gas yang dapat mengakibatkan perasaan pusing dan nyeri, serta kandungan lain yang dapat memicu perasaan “heaty” alias perasaan seperti gerah, terangsang, atau menimbulkan energi yang berlebihan.

6 Cara Mengatasi Mabuk Durian

Sebagai masyarakat yang tinggal di wilayah Asia Tenggara, tentunya kalian sudah tidak asing dengan buah durian. Buah yang mendapat julukan “raja buah” ini memang dikenal memiliki karakteristik yang unik, seperti kulit yang berduri, aroma yang kuat dan tajam, serta tekstur daging buah yang lembut dan manis.

Selain membatasi konsumsi buah durian agar tidak berlebihan, berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi atau menghilangkan mabuk durian:

1. Minum air dari kulit durian

Salah satu alternatif cara mengatasi mabuk durian yang dilakukan secara turun-temurun dilakukan dengan mengisi kulit durian bagian dalam dengan air lalu meminumnya.

Meskipun cara ini belum dapat dibuktikan secara sains, namun beberapa orang mengaku berhasil menghilangkan mabuk durian dengan cara melakukan ini.

2. Minum air hangat dan garam

Selain air dari kulit durian, ada pula cara mengatasi mabuk durian yang dilakukan dengan cara minum air hangat yang telah diberi sejumput garam di dalamnya.

Meskipun sama-sama tidak dilandasi dengan bukti penelitian secara ilmiah, namun beberapa orang beranggapan bahwa campuran air hangat dan garam dapat menetralkan kondisi tubuh yang seolah melayang, pusing, dan tegang setelah mengkonsumsi buah durian.

3. Makan buah manggis

Jika buah durian mendapat julukan “raja buah” maka manggis adalah “ratu”-nya. Hal ini dikarenakan menurut kepercayaan kuno, buah durian mengandung zat yang membuat tubuh menjadi panas sedangkan buah manggis mengandung zat yang membuat tubuh menjadi dingin kembali. Benarkah demikian?

Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebenarnya buah manggis sangat baik untuk dikonsumsi, baik bersama maupun tanpa buah durian. Pasalnya, buah manggis kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, salah satunya vitamin B kompleks.

Kandungan vitamin B kompleks, seperti thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3), dan folat (vitamin B9), yang mudah larut dalam tubuh ini membantu tubuh dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Buah durian kaya akan karbohidrat dan gula, sehingga mengkonsumsi buah manggis setelahnya akan membantu mempercepat proses metabolisme karbohidrat dan mengurangi kadar gula dalam darah.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Minuman Beralkohol

4. Minum susu

Beberapa orang mengatakan bahwa susu merupakan obat yang tepat untuk menghilangkan hangover atau perasaan mabuk. Ian Marber, seorang ahli gizi, menyebutkan bahwa susu mengandung protein yang disebut kasein. Protein tersebut dapat melawan alkohol dan membantu tidur.

Meski demikian, susu sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan durian. Pasalnya, susu memiliki cita rasa yang manis, begitupun dengan buah durian. Mengkonsumsi keduanya dalam jangka waktu berdekatan akan justru dapat mengakibatkan kenaikan kadar glukosa secara drastis.

Ian Marber mengungkapkan, jenis makanan seperti walnut dan apel yang kaya akan serat dan lemak akan jauh lebih baik dibandingkan mengkonsumsi susu saat mabuk, apalagi mabuk yang diakibatkan makan durian terlalu banyak.

5. Minum air kelapa

Air kelapa merupakan obat alami yang manjur untuk menghilangkan mabuk durian. Pasalnya, air kelapa mengandung gula alami dan kalium yang dapat secara langsung mengatasi dehidrasi akibat mabuk atau keracunan.

Air kelapa kaya akan kalium yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan fungsi saraf dan otot yang tegang akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah durian.

Selain itu, kombinasi kalium dan sodium dalam air kelapa juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi akibat tingginya kadar glukosa dalam darah usai mengkonsumsi buah durian.

6. Paracetamol

Reaksi paling umum yang terjadi ketika terlalu banyak mengkonsumsi buah durian adalah kenaikan kadar glukosa dalam darah. Gejalanya bervariasi mulai dari penglihatan kabur, mual, hingga pusing.

Pada beberapa kasus, kondisi tersebut membutuhkan penanganan khusus yang melibatkan penggunaan obat, misalnya insulin untuk penderita diabetes, serta paracetamol. Paracetamol biasanya digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan mabuk durian, apalagi jika disertai oleh pusing atau sakit kepala.

Namun, sebelum mengkonsumsi obat-obatan apapun, termasuk paracetamol, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi paracetamol setelah makan buah durian dapat meningkatkan risiko terjadinya hyperthermic effect dan keracunan.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk makan durian. Jika Anda memang pecinta berat durian, pastikan Anda memakannya dalam batas wajar sehingga tidak menyebabkan mabuk durian. Semoga bermanfaat.

 

  1. Butter, Susannah. 2015. Does milk cure hangovers? The science behind the remedies that actually work. https://www.standard.co.uk/escapist/health/hangover-cures-the-science-behind-the-remedies-that-actually-work-a3136576.html. (Diakses pada 31 Januari 2022).
  2. Chua, Y.A. dkk. 2008. Hyperthermic effects of Durio zibethinus and its interaction with paracetamol. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19271022/. (Diakses pada 31 Januari 2022).
  3. Jauhar, Muhammad Altaf. 2022. Uncomfortable Stomach Because Drunk Durian? Here’s How To Overcome It. https://nbcnews.my.id/2022/01/12/uncomfortable-stomach-because-drunk-durian-heres-how-to-overcome-it-latest-celeb-news/. (Diakses pada 31 Januari 2022).
  4. VOI Editorial Team. 2021. Why After Eating Durian Dizziness? This Causes And How To Overcome It. https://voi.id/en/lifestyle/30608/why-after-eating-durian-dizziness-this-causes-and-how-to-overcome-it. (Diakses pada 31 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi