Terbit: 24 February 2022 | Diperbarui: 28 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Lensa kacamata yang buram dan kotor akan mengurangi kejelasan pandangan. Lensa kacamata memang harus dibersihkan dengan teratur. Cara membersihkan kacamata juga tidak sembarangan, agar lensa tetap halus tanpa goresan. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan kacamata yang benar!

Cara Membersihkan Lensa Kacamata yang Tergores

Cara Membersihkan Lensa Kacamata

Untuk cara membersihkan lensa kacamata, dapat digunakan cairan khusus pembersih kacamata. Jika tidak ada, bisa juga menggunakan cairan yang dibuat sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Dengan cairan khusus

Untuk membersihkan lensa kacamata, dibutuhkan beberapa peralatan seperti:

  • Cairan pembersih kacamata.
  • Lap kacamata dari kain microfiber.

Cara membersihkan lensa kacamata adalah:

  • Cuci tangan dengan sabun untuk menghilangkan minyak dan kotoran lalu keringkan dengan handuk.
  • Bilas kacamata di bawah air mengalir untuk menghilangkan debu yang menempel di lensa.
  • Usapkan cairan pembersih kacamata ke lensa kanan bagian luar dan dalam.
  • Lakukan hal yang sama pada lensa kiri.
  • Bilas kembali kacamata dan guncangkan untuk menghilangkan sisa air.
  • Lap perlahan dengan kain microfiber hingga lensa kembali bersih.

Cairan pembersih kacamata akan didapat saat pertama kali membeli kacamata. Cairan ini juga dapat dibeli di optik atau toko obat. Selain bentuk lotion, ada juga yang berbentuk cairan dan disemprotkan langsung ke lensa. 

Jika tidak menemukan air keran untuk membilas kacamata, cairan berbentuk spray juga dapat disemprotkan agak banyak ke lensa untuk membilas debu. 

2. Dengan pembersih buatan sendiri

Jika tidak mendapatkan cairan khusus pembersih kacamata, jangan khawatir. Cairan pembersih kacamata dapat dibuat sendiri dengan bahan yang mudah didapat.. 

Caranya dengan mencampurkan 30 ml alkohol 70% dan 10 ml air mineral, lalu tambahkan 2 tetes sabun cuci piring. Cairan ini dapat langsung disemprotkan ke lensa kacamata dan dilap dengan kain microfiber

Cairan pembersih ini dapat menjernihkan kembali lensa kacamata yang buram. Cara membersihkan kacamata yang buram tidak berbeda dengan langkah-langkah di atas. Kecuali buram karena telah banyak goresan.

Baca Juga: 5 Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan, Bisa Iritasi Kulit?

Cara Membersihkan Kacamata yang Tergores

Karena dipakai setiap hari, ada kalanya lensa kacamata tergores dan tidak lagi mulus. Lensa yang tergores dapat dibersihkan dengan beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan pasta gigi dan penyemprot CD. 

Berikut adalah cara membersihkan kacamata yang tergores:

1. Menggunakan penyemprot CD

Cairan penyemprot atau pembersih CD berguna untuk mencegah permukaan CD tergores. Cairan ini juga bisa membersihkan kacamata yang tergores agar kembali mulus. 

Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke permukaan lensa lalu diusap-usap dan dikeringkan dengan lap kacamata.

2. Menggunakan pasta gigi

Ambil seujung jari pasta gigi lalu letakkan di atas lensa. Dengan kapas,  oleskan pelan-pelan dengan gerakan memutar pada permukaan lensa. Setelah itu bilas dengan air dingin. 

Ulangi beberapa kali hingga goresan memudar dan lensa terlihat mulus kembali. Keringkan dengan lap kacamata.

3. Menggunakan cairan pembersih furnitur

Cairan ini kerap disebut wood cleaner. Fungsinya adalah membersihkan dan mengkilapkan permukaan perabotan dari kayu. 

Untuk membersihkan kacamata, semprotkan wood cleaner ke permukaan lensa lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu bersihkan dengan lap. Ulangi hingga goresan menghilang.

4. Menggunakan baking soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya kental seperti pasta. Oleskan pada permukaan lensa dan diamkan beberapa menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lap kacamata.

Perlu diingat, goresan yang dapat dibersihkan adalah goresan yang tidak terlalu dalam. Jika goresan cukup dalam dan banyak, lensa tidak bisa dibersihkan kembali seperti semula. Satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

untuk menghilangkan goresan, tidak ada bedanya antara cara membersihkan kacamata minus dengan kacamata jenis lainnya. 

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah dan Efektif!

Cara Merawat Kacamata agar Tahan Lama

Semakin telaten merawatnya, maka semakin tahan lama pula sebuah kacamata. Berikut adalah beberapa cara merawat kacamata agar tahan lama!

1. Membersihkan dalam kondisi basah

Selalu bersihkan kacamata dalam kondisi basah. Mengelap kacamata dalam kondisi kering berpotensi menggores permukaan lensa. Hal ini karena debu dan kotoran yang tertinggal di lensa akan melukai permukaannya saat dilap.

Selalu ikuti cara membersihkan kacamata di atas agar lensa bebas gores dan tahan lama. Hal lainnya adalah, jangan menggunakan liur untuk membasahi lensa kacamata.

2. Menggunakan lap lembut

Lap microfiber adalah pilihan terbaik untuk mengelap kacamata. Hal ini karena serat kainnya lebih lembut dan permukaan kain tidak berbulu. Jika tidak memiliki lap microfiber, gunakan handuk lembut atau kain katun yang halus.

Harap diingat, jangan gunakan ujung kaos atau lengan baju untuk mengelap lensa kacamata. Kain yang tidak cukup halus juga dapat mengakibatkan goresan halus pada lensa. Lama kelamaan lensa akan buram. 

3. Menyimpan kacamata dalam wadah khusus

Saat tidak dipakai, letakkan kacamata di dalam kotaknya untuk menghindari resiko patah dan tergores. Kacamata juga lebih mudah ditemukan jika selalu diletakkan di dalam kotaknya.

4. Tidak membawa kacamata ke tempat tidur

Kebiasaan scrolling ponsel atau membaca hingga tertidur sebaiknya dihilangkan. Kacamata yang dipakai hingga tertidur berisiko tertimpa dan patah atau pecah lensanya. Risiko lainnya adalah gagang kacamata bengkok dan tidak stabil lagi.

Kacamata adalah perlengkapan penglihatan yang sensitif, terutama bagian lensanya. Penggunaan dan perawatannya harus dilakukan dengan hati-hati. Kacamata juga tidak bertahan selamanya, karena setiap setahun sekali mata harus diperiksa ulang di dokter mata. Ukuran penglihatan mata bisa saja berubah dan artinya lensa kacamata juga harus diubah.

Dengan melakukan cara membersihkan kacamata yang benar kebersihan dan kejernihan lensa, kacamata akan tahan lebih lama.

 

  1. Heiting, Gary. 2021. How To Clean Glasses the Right Way. https://www.allaboutvision.com/eyeglasses/how-to-clean-glasses.htm. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  2. Vision Express. 2020. How to clean glasses or sunglasses. https://www.visionexpress.com/eye-health/how-to-clean-your-glasses. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  3. Wilson, Debra Rose. 2020. The Best Ways to Clean Your Eyeglasses. https://www.healthline.com/health/how-to-clean-glasses. (Diakses pada 21 Februari 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi