Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Nasi yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Asia mengandung banyak kalori. Satu mangkuk nasi mengandung sekitar 206 kalori dan hampir semuanya merupakan karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Selain itu, nasi putih juga memiliki indeks glikemik tinggi yang meningkatkan gula darah dengan cepat.

Cara Memasak Nasi Putih yang Tidak Bikin Gemuk

Nah, nasi yang seperti ini akan meningkatkan risiko obesitas dan juga diabetes kalau dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, mengolah nasi yang benar harus dilakukan agar aman dan tidak membuat kita jadi gemuk.

Cara masak nasi yang benar
Nasi yang kita makan ternyata bisa dikurangi kalorinya dan ditingkatkan kandungan seratnya. Menurut The College of Chemical Sciences dari Sri Lanka, nasi bisa dikurangi kandungan kalorinya bila dimasak dengan cara yang benar. Selama ini cara memasak nasi kita lakukan salah. Cara itu justru membuat kadar gula meningkat sehingga kita akan merasakan manis saat mengunyah nasi.

Untuk membuat nasi jadi lebih layak makan, Anda bisa memasak dengan menambahkan minyak kelapa sebanyak satu sendok teh. Nasi dimasak selama 40 menit hingga matang lalu didinginkan selama 12 jam sebelum dikonsumsi. Cara ini diklaim mampu menurunkan kadar kalori hingga 50-60 persen.

Alternatif nasi untuk kebutuhan karbohidrat
Kalau Anda tidak bisa menggunakan cara di atas setiap hari, coba konsumsi alternatif nasi seperti nasi merah, kentang, ubi, singkong, atau oatmeal. Makanan ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih tinggi ketimbang nasi. Makanan-makanan yang telah disebutkan sebelumnya juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang dengan risiko diabetes.

Nah, demikianlah ulasan tentang cara memasak nasi yang benar dan tidak membuat kita jadi gemuk. Semoga cara di atas bisa Anda praktikkan untuk membuat kualitas hidup lebih meningkat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi