Terbit: 12 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap kali makan besar (sarapan, makan siang atau makan malam), nasi umumnya selalu menjadi makanan pokok yang dipilih banyak orang. Kita tentu sudah sering mengkonsumsi nasi hal ini juga didukung dengan banyaknya produksi beras di Indonesia. Hal ini yang menjadikan nasi mudah didapatkan dan banyak tersedia di Indonesia. Nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari bagi kita semua.

Bosan Makan Nasi? Coba Ganti Makan Ini

Seiring dengan mudahnya kita bisa mendapatkan nasi, tak jarang muncul pula rasa bosan apabila kita mengkonsumsi nasi setiap hari, apalagi umumnya nasi dijadikan pilihan makanan yang dikonsumsi sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Sehingga banyak orang yang mulai mencoba pilihan makanan pokok lain sebagai pengganti nasi.

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementrian Kesehatan, terdapat beberapa makanan yang kandungannya setara dengan 100 gram nasi. Beberapa makanan tersebut adalah:

  1. Bihun. Bihun termasuk salah satu jenis mi yang cukup mudah kita peroleh. Sebanyak 50 gram bihun kandungannya setara dengan 100 gram nasi.
  2. Havermut. Makanan ini masih tergolong jarang dikonsumsi banyak orang tapi tenryata kandungannya setara dengan 100 gram nasi apabila dikonsumsi sebanyak 45 gram.
  3. Jagung. Jagung sering digolongkan dalam sayuran namun sebenarnya sebanyak 125 gram jagung segar setara dengan 100 gram nasi.
  4. Kentang. Umumnya kentang diolah dalam masakan atau sebagai sayur, kandungan 100 gram nasi sama dengan 210 gram kentang.
  5. Mie basah. Mie basah umumnya kita konsumsi dalam bentuk seperti mie ayam atau pangsit. Sebanyak 200 gram mie basah kandungannya sama dengan 100 gram nasi.

Kelima bahan makanan diatas dapat menjadi plihan apabila kita merasa bosan makan nasi. Namun yang penting diperhatikan adalah berapa jumlah atau seberapa besar porsi yang harus kita konsumsi. Sehingga meskipun kita mengganti jenis makanan pokok yang kita konsumsi, kebutuhan tubuh kita tetap dapat tercukupi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi