Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Liburan bisa sulit oleh masalah kulit karena Anda akan terkena paparan sinar matahari langsung, atmosfer baru, udara dingin atau panas, dan banyak lagi. Tenang, ada banyak cara agar kulit Anda tetap mulus, lembut dan kece saat bepergian.

Biar Tetap Kece, Begini Cara Merawat Kulit Saat Liburan

Photo Credit: flickr.com/Skeyndor

Saat mengemas barang bawaan untuk liburan, pastikan Anda memiliki semua kebutuhan dasar serta beberapa pelembab tambahan. Anda juga harus merawat kulit Anda saat bepergian, dengan melembabkan wajah Anda sebelum dan sesudah naik pesawat terbang dan tetap konsisten.

Anda juga harus berusaha untuk gaya hidup sehat saat bepergian. Cukup tidur dan olahraga bisa membuat kulit Anda tetap sehat. Yuk ikuti cara mudah merawat kulit seperti dilansir dari Wiki How berikut ini.

1. Kemas perlengkapan penting untuk kulit
Sebelum pergi untuk perjalanan, sediakanlah di tas rias atau perlengkapan mandi. Anda ingin tetap setia pada perawatan kulit rutin Anda saat bepergian, jadi penting untuk mengemas produk dasar yang Anda gunakan setiap hari. Anda tidak ingin mengambil risiko terjebak di suatu tempat tanpa barang perawatan kulit yang Anda butuhkan, bukan?

Secara mental menghabiskan hari Anda dan memikirkan kapan dan di mana Anda menggunakan produk kulit. Pastikan Anda mengemas barang yang Anda gunakan setiap hari, seperti lotion, sabun oencuci muka, krim cukur, dan sebagainya.

Jika Anda bepergian dengan pesawat terbang dan tidak memeriksa tas, Anda mungkin memerlukan wadah berukuran perjalanan dari produk kulit normal Anda. Pesawat hanya mengizinkan Anda membawa 3,4 ons cairan, dan harus disimpan dalam kantung plastik.

2. Bawa pelembab dan tabir surya
Jika Anda sedang berlibur, Anda memerlukan pelembab ekstra dan sebaiknya tidak mengabaikan tabir surya. Anda mungkin akan keluar dan lebih banyak lagi dalam perjalanan Anda, dan kulit Anda memerlukan perlindungan dari sengatan sinar matahari bahkan saat awan mendung.

Kulit Anda juga bisa mengering lebih mudah di lingkungan yang baru. Bahkan jika Anda tidak terbiasa menggunakannya, kemaslah tabir surya dan pelembab setiap anda keluar.

Saat memilih pelembab, cari produk anti-inflamasi. Pelambab harus kaya akan vitamin seperti C dan E. Untuk perlindungan optimal dari sinar matahari, cari tabir surya dengan SPF minimal 30.

3. Hindari produk yang berbahaya
Produk tertentu tidak boleh menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda saat Anda liburan. Anda tidak ingin menggunakan apapun yang akan terlalu keras pada kulit Anda, karena kulit akan terpengaruh oleh perjalanan.

Pastikan membaca label produk dengan saksama sebelum membelinya.
Pembersih berbasis sabun bisa menjadi keras pada kulit Anda. Carilah pembersih yang bebas dari sabun.

Jika Anda menggunakan produk antipenuaan, pilih produk yang tidak mengandung retinol atau Retin-A.

4. Kemas barang dengan hati-hati untuk mencegah kebocoran
Saat mengemas produk perawatan kulit untuk perjalanan, antisipasi dari kerusakan seperti barang pecah atau bocor ketika diperjalanan.

Jika tas terbentur atau terjatuh, cairan bisa bocor. Kemaslah dengan rapi untuk melindungi kemungkinan tersebut. Anda tidak ingin sampai ke tujuan Anda, tapi Anda tidak dapat menggunakan produk perawatan kulit karena rusak, bukan?

Tempatkan setiap item dalam ziploc —kantung plastik yang bisa ditutup dengan rapat dan pisahkan menurut kategori. Misalnya, pelembab kulit harus masuk dalam satu tas, perawatan jerawat di tempat lain, dan sebagainya.

Selain ziploc, gunakan tas travel nilon. Jika terjadi kebocoran, cairan di dalam tas nilon tidak akan mudah tercecer keluar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi