DokterSehat.ComРSteam wajah. Anda pernah mendengarnya? steam wajah ternyata dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah Anda dan juga membantu sirkulasi di wajah, menjadikan kulit Anda bersih, berseri, dan bersinar. Steam wajah ini bisa dilakukan di rumah dengan mengunakan alat-alat sederhana, dan yang paling penting murah meriah namun hasilnya memuaskan.

doktersehat-cuci-muka-wanita-wajah-karbunkel-bisul-besar

Photo Credit: wikihow.com

Begini caranya melakukan steam wajah Anda, seperti dilansir dari wikihow.com, Senin, 22 Januari 2018:

1. Panaskan air
Panaskan air di panci kecil hingga mendidih. Untuk menghasilkan uap tidak perlu tambahkan apapun selain air dan tidak membutuhkan banyak air. Isi panci kecil dengan 1 – 2 gelas air.

2. Cuci wajah
Menunggu airnya memanas, cuci muka dengan menggunakan pembersih lembut. Pastikan untuk menghapus semua makeup dan kotoran, minyak atau keringat yang ada di permukaan kulit Anda. Penting agar kulit Anda bersih saat steam wajah.

Pori-pori Anda akan terbuka lebar, namun jika terdapat kotoran atau makeup pada kulit Anda, itu bisa menyebabkan iritasi.

Jangan mencuci wajah dengan scrub exfoliating atau sabun keras. Sebelum steam, sebaiknya cuci dengan pembersih yang sangat ringan, untuk mengurangi kemungkinan perlakuan uap akan semakin mengganggu kulit Anda. keringkan wajah Anda dengan handuk lembut.

3. Tuangkan air yang mengepul ke dalam mangkuk
Jika Anda melakukan perawatan uap sebagai bagian dari perawatan di rumah spa, tuangkan ke dalam mangkuk kaca besar. Jika Anda hanya ingin uap cepat, Anda bisa menunangkannya di mangkuk kecil. Tempatkan bejana apa pun yang Anda gunakan pada beberapa handuk terlipat di atas meja. Jangan menuangkan air ke dalam mangkuk plastik. Karena molekul plastik kecil bisa terkontaminasi dalam uap.

steam-wajah-doktersehat

Photo Credit: wikihow.com

Berhati-hatilah agar Anda tidak membakar kulit diri sendiri! Jika Anda memutuskan untuk menuangkan air di mangkuk, maka pastikan untuk mengeluarkannya dari sumber panas sebelum menggunakannya.

4. Tambahkan minyak esensial atau ramuan herbal
Sekarang saatnya menambahkan minyak esensial atau ramuan ke air untuk membuat perawatan sedikit spesial. Jika Anda menambahkan minyak atau rempah-rempah, perawatan uap akan berlipat ganda sebagai sesi aromaterapi, jadi ini akan menjadi pengobatan 2in1. Tuangkan hanya beberapa tetes minyak esensial.

Pastikan untuk menambahkan ekstra minyak setelah Anda mengambil air mendidih. Jika tidak, aroma akan cepat menguap.

Jika Anda tidak memiliki minyak atau rempah khusus, cobalah teh! Masukkan beberapa kantung teh herbal ke dalam air. Chamomile, mint, dan chai, semuanya menghasilkan steams yang sangat baik.

5. Steam wajah dengan handuk di atas kepala Anda
Taruh handuk di atas kepala Anda sehingga menyelimuti di kedua sisi wajah Anda, menjebak uap sehingga terkonsentrasi di dekat kulit Anda. Hadapkan wajah Anda cukup dekat ke air yang mengepul untuk merasakannya memijat wajah Anda, tapi jangan terlalu dekat sehingga kulit Anda terasa terbakar atau Anda mengalami kesulitan untuk menghirup udara segar.

Steam wajah berlangsung sekitar 10 menit, jadi Anda mungkin ingin duduk saat Anda melakukan perawatan. Namun, perlu diingat bahwa Anda dapat menerima banyak manfaat yang sama jika Anda berhenti setelah 5 menit.

Jangan steam wajah Anda lebih dari 10 menit, terutama jika Anda memiliki jerawat atau masalah kulit lainnya. Steam wajah menyebabkan wajah membengkak, dan bisa memperparah jerawat jika dilakukan terlalu lama.

6. Angkat kotoran dari pori-pori Anda dengan masker
Steam membuat pori-pori Anda terbuka lebar, ini waktu yang tepat untuk mengeluarkan kotoran. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengikuti perawatan uap dengan masker tanah liat.

Gunakan masker di wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Cuci dengan air hangat dan tepuk wajah Anda dengan handuk secara perlahan.

Anda bisa membeli masker tanah liat di toko kecantikan terdekat, toko obat, atau supermarket. Jika Anda tidak memiliki masker tanah liat, gunakan madu atau kombinasi madu dan oatmeal. Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan masker, Anda cukup mencuci wajah dengan air hangat setelah steam.

Jangan gunakan scrub yang kuat pada kulit Anda setelah steam, terutama jika Anda memiliki jerawat. Karena wajah Anda akan sedikit bengkak dan pori-pori Anda akan terbuka, jika digosok menyebabkannya meradang.

7. Gunakan toner wajah
Setelah Anda membilas wajah Anda, gunakan toner wajah untuk membantu pori-pori Anda menutup kembali. Aplikasikan ke wajah Anda dengan guratan lembut menggunakan bola kapas.

Jus lemon bisa digunakan sebagai toner alami. Campur 1 sendok makan jus lemon dengan 1 gelas air. Cuka sari apel juga jadi pilihan bagus lainnya. Campur 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 gelas air.

8. Melembabkan wajah
Uap dan panas menyebabkan kulit mengering, jadi penting melembabkannya. Gunakan bahan yang dibuat dengan minyak yang menenangkan, seperti lidah buaya dan mentega yang akan mencegah kulit wajah Anda menjadi terlalu kering. Biarkan pelembab benar-benar meresap ke kulit Anda sebelum mengoleskan make up. Selamat mencoba.