Terbit: 21 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Tidur yang cukup adalah sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, jumlah tidur yang dibutuhkan setiap orang bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, atau aktivitas yang dilakukan. Simak penjelasan mengenai waktu tidur ideal, selengkapnya di bawah ini

Berapa Jam Waktu Tidur yang Ideal Berdasarkan Usia?

Berapa Lama Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia?

Pada dasarnya, tidur adalah sesuatu yang penting bagi semua orang. Tidur memberi kekuatan pada pikiran, memulihkan kondisi, dan memperkuat hampir setiap sistem dalam tubuh. Akan tetapi, berapa banyak waktu tidur yang benar-benar dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat tersebut?

Meski kebutuhan tidur bervariasi di antara individu, anak-anak dan remaja biasanya membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Berikut adalah waktu tidur yang ideal berdasarkan usia:

Rentang Usia Waktu Tidur yang Direkomendasikan
Bayi baru lahir 0-3 bulan 14-17 jam
Bayi 4-11 bulan 12-15 jam
Balita 1-2 tahun 11-14 jam
Prasekolah 3-5 tahun 10-13 jam
Usia sekolah 6-13 tahun 9-11 jam
Remaja 14-17 tahun 8-10 jam
Dewasa muda 18-25 tahun 7-9 jam
Dewasa 26-64 tahun 7-9 jam
Lansia 65 tahun atau lebih 7-8 jam

 

Waktu tidur ideal di atas menyajikan rentang durasi tidur malam yang direkomendasikan untuk individu yang sehat. Dalam beberapa kasus, tidur satu jam lebih atau kurang dari rekomendasi mungkin dapat diterima.

Sementara pada usia anak-anak, mendapatkan jumlah tidur yang direkomendasikan secara teratur dikaitkan dengan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, termasuk peningkatan perhatian, perilaku, pembelajaran, memori, dan kemampuan mengendalikan emosi.

Pada orang dewasa, tidur kurang dari tujuh jam setiap malam secara teratur telah dikaitkan dengan kesehatan yang buruk, termasuk penambahan berat badan, indeks massa tubuh yang lebih tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, hingga depresi.

Baca Juga: 10 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Nyenyak

Berbagai Faktor yang Memengaruhi Waktu Tidur

Selain usia, faktor lain dapat memengaruhi berapa lama jam tidur adalah:

  • Kualitas tidur. Jika tidur sering terganggu, Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Kualitas tidur  sama pentingnya dengan kuantitas.
  • Kurang tidur. Jika Anda kurang tidur sebelumnya, jumlah tidur yang Anda butuhkan akan meningkat.
  • Kehamilan. Perubahan kadar hormon dan kondisi fisik selama hamil dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk.
  • Penuaan. Seiring bertambahnya usia pola tidur mungkin berubah. Usia lansia membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai tidur. Dibanding usia dewasa muda, lansia memiliki waktu tidur yang lebih pendek. Usia lansia juga cenderung bangun beberapa kali di malam hari.

Dikarenakan tidur adalah proses fisiologis yang kompleks, faktor-faktor lain yang dapat mengganggu kualitas tidur adalah:

  • Stres atau kecemasan.
  • Rasa sakit.
  • Kondisi kesehatan (heartburn atau asma).
  • Beberapa obat (obat batuk yang mengandung phenylephrine).
  • Kafein.
  • Alkohol dan zat-zat terlarang.
  • Gangguan tidur (sleep apnea atau insomnia).
  • Sinusitis.

Baca Juga: 27 Obat Tidur Alami untuk Mengatasi Susah Tidur Paling Ampuh

Tidur dan Kaitannya dengan Kesehatan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa tidur nyenyak adalah sesuatu yang sangat penting, antara lain:

  • Mengatur produksi melatonin, yang pada gilirannya mengatur suasana hati, produktivitas, dan nafsu makan.
  • Meningkatkan konsentrasi neurotransmitter di otak dan membantu meningkatkan produktivitas, konsentrasi, fokus, serta kreativitas.
  • Meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan waktu respons, kecepatan, dan kelincahan.
  • Mengatur berat badan melalui interaksi hormonal yang kompleks, yaitu dengan memengaruhi tingkat rasa kenyang dan perilaku makan.
  • Membantu penyembuhan penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk tertidur, beberapa tips yang bisa Anda coba adalah:

  • Mengubah rutinitas, misalnya, berolahraga di pagi hari bukan di malam hari.
  • Membuat lingkungan tidur senyaman mungkin, seperti memastikan kamar tidur gelap dan sunyi.
  • Menetapkan rutinitas waktu tidur, yaitu tidur pada waktu yang sama setiap malam.

Pada akhirnya, jika waktu tidur ideal seperti yang dijelaskan di atas sulit untuk dilakukan, konsultasi dengan dokter diperlukan untuk dilakukan diagnosis dan perawatan.

Selain penanganan medis, gangguan sulit tidur juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat herbal yang dijual bebas di apotek.

Lelap adalah obat untuk mengatasi gangguan sulit tidur. Terbuat dari bahan alami herbal Valerianae Radix, Myristicae semen, Eleuthroginseng Radix, dan Polygalae Radix. Agar Anda dapat tidur lelap bangun segar!

obat insomnia Lelap doktersehat

Lelap dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak usia 12 tahun keatas, namun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

Lelap adalah obat tradisional yang sudah mendapatkan izin Badan POM dan berlogo “Obat Herbal Terstandar”. Logo “Obat Herbal Terstandar” dapat dilihat di kemasan kiri atas berupa lingkaran berisi jari-jari daun 3 pasang. Logo tersebut menunjukan keamanan dan khasiatnya sudah dibuktikan melalui uji praklinik dan bahan bakunya telah terstandarisasi.

 

  1. Kumar, Karthik. 2021. How Much Sleep Do You Need by Age?. https://www.medicinenet.com/how_much_sleep_do_you_need_by_age/article.htm. (Diakses pada 18 Januari 2022).
  2. Olson, Eric J. How many hours of sleep are enough for good health?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/how-many-hours-of-sleep-are-enough/faq-20057898. (Diakses pada 18 Januari 2022).
  3. Suni, Eric. 2021. How Much Sleep Do We Really Need?. https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-much-sleep-do-we-really-need. (Diakses pada 18 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi