Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh menyebabkan beberapa penyakit berbahaya muncul. Bahkan menurut American Heart Association, orang yang memiliki kolesterol di atas normal berisiko terkena penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Begini Cara Atasi Lonjakan Kolesterol dalam Tubuh

Agar risiko penyakit berbahaya di atas bisa dihindari atau paling tidak diperkecil, kolesterol dalam tubuh harus diturunkan. Berikut cara mengatasi kolesterol dalam tubuh agar kita semua bisa sehat dan terus bugar.

1. Memperbaiki pola makan
Kolesterol di dalam tubuh bisa naik karena pola makan yang salah. Kandungan kolesterol jahat atau LDL naik dan menekan pembuluh darah karena kita terlalu banyak sesuatu yang digoreng dengan minyak. Agar kandungan kolesterol di dalam darah tidak baik dan menyebabkan masalah dikemudian hari, mari mulai atur diet.

Agar makanan yang masuk ke dalam mulut jelas asal-usulnya disarankan untuk masak sendiri. Kalau sedang berada di luar, pilih makanan yang tidak terlalu banyak diolah atau makanan yang tidak memiliki banyak lemak seperti hidangan dari gerai makanan cepat saji.

2. Perbanyak buah dan sayur
Buah dan sayur akan membuat kita jadi lebih kenyang karena kadar seratnya tinggi. Selain itu, beberapa sayur dan buah juga mengandung plant stanol ester yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Olahraga rutin setiap hari
Olahraga tidak harus dilakukan dengan angkat beban atau lari dengan jarak yang panjang. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, atau bersepeda. Dengan melakukan ini metabolisme lemak dan kolesterol di dalam tubuh akan terjaga. Setiap hari berolahragalah 30-60 menit hingga tubuh berkeringat dan Anda merasa lebih segar.

4. Melakukan pemeriksaan rutin
Untuk bisa terhindar atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, pemeriksaan harus dilakukan secara rutin. Kalau kadar kolesterol terlalu tinggi, dokter akan memberikan resep agar kolesterol bisa turun.

Mari lakukan empat hal di atas agar tubuh jadi lebih bugar dan bebas dari kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi