Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya di sekitar ibukota Jakarta, banjir juga melanda berbagai daerah di tanah air. Yang menjadi masalah adalah, genangan air seringkali muncul di tempat dimana kita banyak beraktifitas sehingga mau tidak mau harus melewatinya. Hal ini tentu bisa memicu gatal-gatal pada kaki. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa agar tidak sampai mengalami masalah kesehatan kulit pada kaki yang cukup merepotkan, kita bisa melakukan berbagai tips ini.

Banjir dan Genangan Air Dimana-Mana, Lakukan Hal Ini Agar Kaki Tidak Mudah Gatal-Gatal

Menjaganya tetap kering
Kebanyakan orang memilih untuk memakai sandal dan melepas sepatunya saat hujan tiba. Padahal, ada baiknya kita justru tidak melepasnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sepatu dalam melindungi kaki dengan lebih baik dibandingkan dengan sandal. Jika sampai kita membiarkan kulit kaki terpapar langsung genangan air banjir yang kotor, maka bakteri bisa lebih mudah menyerangnya dan memicu penyakit kulit.

Jika perlu, kita bisa memakai sepatu boots yang terbuat dari karet untuk melindungi kaki dari genangan air banjir yang kotor.

Segera bersihkan kaki jika terendam air
Meskipun tidak tinggi, genangan air yang disebabkan oleh hujan menyimpan kotoran dan bakteri penyebab penyakit. Jika kaki kita basah setelah melewatinya, segera cuci kaki dengan air dan sabun. Jika perlu, gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan kaki dan membunuh berbagai bakteri. Kita juga bisa memakai gel antiseptik yang dioleskan pada kulit kaki secara merata untuk membersihkan berbagai jamur dan bakteri dengan efektif.

Foot scrubbing
Demi menjaga kebersihan dan kesehatan kaki, kita bisa merendam kaki di dalam air yang telah diberi cairan sabun dan shampoo selama 10 menit. Setelahnya kita bisa menggosoknya dengan alat khusus. Selain itu, gunakan produk pelembab pada kaki agar bisa membantu regenerasi sel kulit dengan lebih baik.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, kulit kaki tidak akan mudah terkena gatal-gatal, infeksi jamur, dan masalah lainnya meski kerap melewati genangan air di musim hujan seperti sekarang ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi