Terbit: 22 September 2018 | Diperbarui: 6 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sudah menjadi rahasia umum jika mie instan termasuk dalam makanan yang paling tidak sehat bagi kesehatan. Hanya saja, rasanya yang sangat enak membuat kita cenderung sulit untuk meninggalkannya. Salah satu dari jenis mie instan yang memiliki rasa yang nikmat adalah mie instan cup.

Mie Instan Cup Jauh Lebih Berbahaya dari Mie Instan Biasa

Biasanya, mie instan cup ini dikonsumsi saat berada di tengah-tengah perjalanan atau sedang di tempat wisata. Karena sudah dikemas di dalam cup, maka kita tidak perlu lagi kerepotan untuk mencari piring satau mangkuk sebagai tempat mie instan tersebut.

Dilansir dari NDTV, pakar kesehatan dr. Sunil Sharma dari Madan Mohan Malviya Hospital, New Delhi, India menyebutkan bahwa mie instan kemasan cup jauh lebih tidak sehat dibandingkan dengan mie instan biasa. Hal ini disebabkan oleh bahan dari kemasan tersebut yang berupa Styrofoam. Bahan Styrofoam yang terbuat dari kopolimer styrene ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi manusia jika sampai terpapar suhu panas. Padahal, untuk membuat mie instan cup, kita harus menyiramnya dengan air panas, bukan?

Mie instan juga kaya akan kandungan lemak, kalori, dan sodium namun rendah gizi. Belum lagi ditambah dengan adanya bahan pengawet, pewarna buatan, dan berbagai zat aditif lainnya yang jika dikonsumsi terlalu sering tentu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti meningkatkan kolesterol, tekanan darah, berat badan, hingga risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita membatasi asupan mie instan. Konsumsilah sesekali saja setiap bulannya. Selain itu, ada baiknya kita tidak memilih mie instan kemasan cup karena jauh lebih berbahaya bagi kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi