Terbit: 20 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tempat umum menjadi wadah nyaman bagi kuman untuk bersarang. Maka, tidak ada satupun tempat umum yang bisa menghindar dari serangan kuman. Adapun tempat umum yang biasanya menjadi sarang kuman adalah halte, terminal, stasiun, WC umum, warnet, dan berbagai macam tempat umum lainnya.

Awas, Tempat Latihan Gym Juga Bisa Jadi Sarang Kuman!

Photo Credit : pexels.com

Namun, tak hanya itu, di tempat umum yang bergerak pada bidang kesehatan pun bisa terancam kuman, misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga pusat kebugaran atau tempat gym. Ya, kuman memang sebuah organisme mikroskopis parasit yang bisa menjangkiti siapa pun dan di mana pun tanpa terkecuali. Dalam kasus ini, tempat olahraga gym yang notabeni adalah pusat kebugaran saja bisa menjadi sarang kuman.

Seperti dikutip dari laman Reader’s Digest (RD), telah dilakukan sebuah penelitian yang mengambil sampel puluhan alat gym dari tempat latihan besar. Alhasil, seluruh alat gym tersebut terpenuhi dengan rata-rata 1 juta kumpulan kuman per incinya. Dari hasil penelitian tersebut, Anda bisa menilai sendiri, bagaimana hebatnya kuman dalam menyerang dan berkembang biak.

Sebagai pembanding, penelitian yang sama dilakukan pada tempat berbeda, yakni toilet umum. Hasilnya pun cukup mengkhawatirkan, yaitu jumlah kuman pada alat gym ternyata lebih banyak daripada di toilet umum yang terkenal sebagai pusat kuman bersarang.

Dengan mengetahui hal tersebut, para peneliti menganjurkan kepada para pelaku gym untuk lebih menjaga kebersihan dari seluruh alat yang tersedia. Memang benar, saat tubuh tersentuh kuman tidak langsung menjadi sakit. Tapi semakin banyak kuman yang menyerang, tentu saja pertahanan tubuh akan bekerja lebih keras hingga akhirnya membuat drop.

Maka ada baiknya sebelum melakukan latihan, bersihkan dahulu alat tersebut menggunakan antiseptik atau  hand sanitizer. Setelah melakukan latihan, pastikan diri Anda bersih dengan mandi. Jangan menunda sebelum kuman tersebut masuk dan berkembang biak pada tubuh Anda.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi