Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– PESAN adalah akronim dari PEkan SArapan Nasional yang kita peringati pada bulan Februari tanggal 14-20. PESAN merupakan suatu peringatan yang mengkampanyekan pentingnya sarapan untuk berbagai golongan umur di Indonesia. PESAN memang masih belum familiar kita dengar, namun sebenarnya sudah cukup banyak gerakan atau acara yang dilakukan oleh instansi atau persatuan terkait seperti Persatuan Ahli Gizi (Persagi) dalam memperingati PESAN.

Apa Itu PESAN (Pekan Sarapan Nasional)?

PESAN diadakan agar kita semua menyadari pentingnya sarapan. Umumnya kebanyakan orang masih belum menyadari apa pentingnya sarapan dan sarapan masih belum dijadikan suatu kebiasaan. Ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti pemikiran bahwa sarapan tidak sempat dilakukan karena kita terburu-buru akan melakukan aktivitas seperti sekolah, kuliah atau bekerja atau makanan yang belum siap karena tidak sempat memasak. Dua penyebab ini dapat menimbulkan masalah karena biasanya apabila kita sudah tidak terbiasa sarapan maka saat mencoba sarapan biasanya kita akan merasakan gangguan seperti mulas, perut tidak nyaman. Hal ini bisa timbul karena pencernaan kita sudah terbiasa tidak melakukan sarapan.

Padahal sarapan memiliki manfaat untuk kita saat menjalankan aktivitas. Beberapa studi menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas. Untuk anak-anak sarapan biasanya dikaitkan dengan konsentrasi dan kemampuan dalam menerima pelajaran. Sedangkan pada orang dewasa sarapan dapat menjaga kadar gula darah lebih teratur. Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa sarapan merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mendukung pola hidup yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

Kementerrian Kesehatan mendukung PESAN karena apabila masyarakat terbiasa melakukan sarapan maka dapat terwujud hari yang aktif dan produktif. Hal ini secara tidak langsung akan mendukung pola hidup masyarakat yang lebih sehat. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memperingati PESAN adalah kegiatan ajakan kampanye seperti mengadakan kontes membuat sarapan yang praktis dan bergisi, lomba foto sarapan, kegiatan olahraga dan sarapan bersama serta banyak lagi.

Nah, kira-kira apa yang akan anda lakukan untuk ikut meramaikan peringatan PESAN?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi