Terbit: 28 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cobalah cek kebiasaan tidur anak anda. Jika mereka cenderung susah tidur atau baru bisa terlelap di waktu yang sangat larut, segeralah cek indeks massa tubuh (BMI) nya. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan sang anak berisiko terkena kanker saat tumbuh dewasa nantinya.

Anak Kecil Susah Tidur? Waspadai Risiko Penyakit Ini

Pakar kesehatan Profesor Bernard Feummeler yang berasal dari Virginia Commonwealth University menyebut obesitas yang terjadi di masa kanak-kanak membuat mereka lebih beresiko terkena masalah yang sama saat usia dewasa. Tak hanya itu, mereka juga cenderung beresiko terkena kanker saat dewasa nantinya.

Fakta mengejutkan ini terungkap dari penelitian yang melibatkan 120 anak dengan usia rata-rata 8 tahun. Dalam penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kebiasaan tidur dan bangun para anak ini selama minimal 5 hari, ditemukan bahwa anak-anak yang cenderung memiliki durasi tidur yang pendek memiliki kadar BMI yang lebih tinggi. Tak hanya itu, mereka juga cenderung memiliki lingkar pinggang yang cukup besar dibandingkan dengan anak-anak yang tidur dengan waktu yang lebih lama.

Feummeler menyebutkan bahwa meski terkesan sepele, obesitas sangatlah terkait dengan risiko kanker. Karena itulah, cara terbaik untuk mencegah kanker sejak dini adalah mencegah anak-anak mengalami obesitas.

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Obesity and Cancer: Mechanism Underlying Etiology and Outcomes ini, disebutkan bahwa salah satu pemicu dari masalah obesitas pada anak adalah kualitas tidur yang buruk. Padahal, anak-anak jaman sekarang cenderung lekat dengan gadget atau televisi yang bisa membuat mereka keasikan memainkan atau menontonnya sehingga memiliki waktu tidur yang tidak cukup setiap hari. Karena alasan inilah ada baiknya setiap orang tua memperhatikan waktu tidur anaknya dan tidak sembarangan memberikan gadget pada buah hatinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi