Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda mungkin sering mendengar bahwa jahe dan lemon memiliki khasiat untuk menjaga bentuk tubuh kita. Sebuah studi menyebutkan bahwa minum jahe panas untuk diet bisa membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan. Sedangkan lemon, kaya akan vitamin C, antioksidan, dan sifat diuretik sehingga membantu detoksifikasi dan mendorong pembakaran lemak.

6 Resep Menurunkan Berat Badan Dengan Jahe dan Lemon

Untuk membantu diet Anda, jahe dan lemon dapat dikonsumsi sendiri-sendiri atau dicampur dengan bahan lain. Dilansir dari steptohealth, Anda bisa mencoba beberapa resep campuran lemon dan jahe berikut ini:

1. Campuran lemon dan air hangat

Minum segelas air hangat dengan potongan lemon baik untuk membantu proses detoks dan membakar lemak. Selain itu campuran minuman ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, serta mengurangi sembelit dan peradangan.

2. Jus lemon, sirup mapel dan cabe rawit
Beberapa orang melakukan diet menggunakan bahan makanan tertentu untuk mempercepat metabolisme dan membakar lemak. Kalau Anda tertarik mencobanya, silakan coba resep ini: Siapkan satu buah lemon, peras airnya, lalu rebus. Tambahkan sejumput cabe rawit bubuk dan satu sendok makan sirup mapel, lalu aduk rata. Minum campuran ini tiga kali sehari selama 10 hari untuk membantu mengurangi berat badan.

3. Lemon, mint dan grapefruit
Minuman ini selain mudah dibuat, rasanya juga lezat. Campurkan perasan air lemin dan grapefruit utuh, lalu tuangkan dalam ketel. Tambahkan dua lembar daun mint, lalu didihkan. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa.

4. Lemon jahe
Ada banyak cara untuk mencampurkan dua bahan ini menjadi minuman yang menyegarkan dan baik untuk diet. Salah satu caranya adalah dengan membuat dua jus lemon dan mencampurkannya dengan akar jahe, lalu rebus. Ketika sudah mulai mendidih, tambahkan seliter air dan potongan kulit lemon. Minum minuman ini sebelum makan untuk mendapat hasil maksimal.

5. Teh hijau dan jahe

Selain lemon dan jahe, teh hijau juga dikenal sebagai minuman yang baik untuk mengurangi berat badan. Campurkan potongan jahe yang sudah dimemarkan ke dalam segelas teh hijau, lalu minum setiap siang hari. Minuman ini selain dapat mengurangi kolesterol juga baik bagi pencernaan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi