Terbit: 15 March 2018 | Diperbarui: 24 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bank sperma adalah lembaga yang bisa menampung sperma yang dimiliki oleh pria. Penampungan sperma ini dilakukan kalau pria mengalami risiko kemandulan. Agar sperma tetap terjaga dan Anda tetap bisa memiliki anak kapan saja, gunakan jasa dari bank sperma.

Mau Donor Sperma? Pahami Dulu 5 Hal tentang Bank Sperma

Nah, sebelum menggunakan jasa dari bank sperma, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, berikut selengkapnya.

1. Bisa menyimpan sperma di rumah

Untuk mengeluarkan sperma, pria harus melakukan hubungan seks atau masturbasi. Aktivitas ini tentu cukup privat sehingga hanya bisa dilakukan sendirian saja. Nah, untuk mendapatkan sperma yang sehat, beberapa penyedia jasa sudah menawarkan alat untuk penyimpanan dan bisa dilakukan sendiri saja.

2. Bank sperma mencegah kegagalan mendapatkan momongan

Pria bisa terkena banyak penyakit yang menurunkan kualitas dari sperma, bahkan menyebabkan kemandulan. Penyakit seperti kanker prostat hingga diabetes bisa menyebabkan kondisi ini sehingga pria sering menjaga sperma dengan menampungnya di bank sperma.

3. Bayi yang dihasilkan sehat

Sperma yang dibekukan memiliki kualitas yang sama dengan yang dihasilkan langsung oleh pria. Untuk pembuahan tetap berjalan dengan lancar sehingga bayi yang nantinya lahir tetap sehat dan bisa tumbuh tanpa ada cacat.

4. Sperma harus langsung dibekukan saat keluar

Sperma mudah mati kalau keluar tidak di dalam vagina. Untuk itu, sperma harus dibekukan dengan suhu sangat rendah. Untuk menjaga kualitas dari sperma dibutuhkan suhu minus 196 derajat Celcius.

5. Bank sperma untuk pria sehat

Pria sehat tetap berisiko memiliki sperma yang tidak sehat khususnya saat mereka berusia 40 tahun ke atas. Agar tidak ada perubahan pada DNA yang dibawa oleh sperma, pembekuan bisa dilakukan agar kelak bisa digunakan untuk pembuahan.

Nah, inilah beberapa fakta tentang layanan bank sperma. Bagaimana, apakah Anda ingin menggunakannya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi