Terbit: 17 Maret 2018 | Diperbarui: 22 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain mani dan urine, dari penis pria bisa keluar cairan mirip nanah yang bisa terjadi karena gonore. Selain nanah, saat kencing pria juga bisa mengeluarkan urine bercampur dengan mani karena efek ejakulasi retrograde.

Penis Berdarah Usai Hubungan Seks, Ini Penyebabnya

Selain dua hal di atas, pria juga bisa kencing dengan mengeluarkan darah usai berhubungan badan karena beberapa masalah di bawah ini. Mari simak dan jauhi penyebabnya.

Gangguan pada prostat

Mengeluarkan darah usai bercinta mungkin umum pada wanita terutama yang baru awal  berhubungan badan. Perdarahan bisa terjadi karena sobeknya dinding vagina. Nah, pada pria kondisi ini jarang terjadi meski beberapa pria mengalaminya.

Saat ejakulasi pria kerap mengeluarkan mani bercampur dengan darah. Kondisi ini tentu membuat beberapa pria jadi ketakutan. Mereka pasti takut dengan kondisi dari alat vitalnya apakah sehat atau terganggu.

Perdarahan usai berhubungan badan biasanya terjadi karena pecahnya pembuluh darah rapuh pada prostat. Saat pria melakukan penetrasi, pembuluh tertekan dan akhirnya pecah dan mengeluarkan darah.

Perdarahan lain juga bisa terjadi karena pria terlalu semangat saat melakukan penetrasi. Akibatnya, prostat mengalami inflamasi dan kalau sudah parah bisa mengeluarkan darah.

Infeksi saluran kemih

Penyebab kedua mengapa pria mengalami perdarahan usai berhubungan badan adalah infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing bisa terjadi pada sistem kemih mulai dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Kalau satu atau beberapa alami infeksi darah bisa keluar bersama urine.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, pria dianjurkan untuk lebih sering menjaga kesehatan tubuh khususnya prostat. Kalau prostat dan area di sekitarnya seperti ginjal dan uretra ikut terganggu, hubungan seks akan menjadi sesuatu yang menakutkan.

Tidak mau kan usai bercinta lalu berdarah-darah? Yuk, banyak minum air putih dan olahraga!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi