Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut nocturnal emissions adalah kondisi yang menyebabkan pria mengalami ejakulasi tanpa aktivitas seksual. Pemicu ejakulasi pada pria saat tidur adalah rangsangan dari luar yang tidak disadari dan mimpi erotis.

Normalkah Pria Alami Mimpi Basah Hampir Setiap Hari?

Mimpi basah adalah kejadian alami yang kerap dialami oleh remaja atau pria yang belum menikah. Kejadian ini bisa terjadi karena pria jarang mengeluarkan sperma sehingga saat wadahnya penuh, tubuh akan melakukan mekanisme pengeluarannya saat pria tidur.

Frekuensi normal mimpi basah
Ada beberapa faktor yang memengaruhi pria mengalami mimpi basah. Pertama adalah frekuensi ejakulasi yang dialami. Kalau pria kerap berhubungan badan dengan pasangannya atau melakukan masturbasi secara rutin, peluang untuk mendapatkan mimpi basah akan rendah atau tidak ada sama sekali.

Sementara itu kalau pria tidak pernah melakukan hubungan seks atau masturbasi. Kemungkinan alami mimpi basah sekitar 3-4 minggu sekali. Kalau pria masih sesekali melakukan masturbasi mungkin 5-8 minggu sekali mimpi basah bisa terjadi secara tidak sadar.

Mimpi basah terlalu sering
Mimpi basah dianggap sesuatu yang menyenangkan pada pria yang jarang mendapatkannya. Namun, pria yang kerap mengalaminya akan merasakan hal yang berbeda. Sering mengeluarkan sperma saat tidur akan membuat tubuh jadi lemas. Dampaknya, pria akan lebih suka malas-malasan ketimbang melakukan aktivitas hariannya.

Pria yang kerap alami mimpi basah tidak ubahnya pria yang kerap melakukan masturbasi. Konsentrasi akan menurun dan kemungkinan terjadi depresi sangat tinggi.

Hingga sekarang belum ada cara untuk mengatasi mimpi basah yang berlebihan. Namun, beberapa ahli menganjurkan pria untuk tidak berfantasi, melihat video pornografi, atau melakukan hal-hal yang memicu naiknya libido sebelum tidur.

Oh ya, Anda pernah atau sering mimpi basah sebelumnya tidak? Bagaimana perasaan Anda setelah mengalaminya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi