Terbit: 16 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ada alasan khusus mengapa wanita cenderung suka dengan pria yang terlihat cerdas. Tak hanya bisa menjadi rekan yang baik dan asyik untuk diajak ngobrol atau bertukar pikiran, pria yang cerdas ternyata cenderung tidak mudah berselingkuh. Memangnya ada kaitan antara kecerdasan seseorang dengan kecenderungan untuk berselingkuh?

Fakta Mencengangkan, Pria Dengan IQ Rendah Cenderung Lebih Mudah Berselingkuh

Tak disangka, jawaban bagi pertanyaan itu ternyata memang ada. Satoshi Kanazawa, salah seorang psikolog yang berasal dari London School of Economics and Political Science menyebutkan bahwa tingginya IQ seorang pria mempengaruhi kemungkinan dirinya berselingkuh. Fakta ini terungkap setelah menganalisa dua buah survey yang dilakukan di Amerika Serikat dan melibatkan ribuan pria berusia remaja dan dewasa.

Dalam survey tersebut, disebutkan bahwa semakin cerdas seorang pria, semakin baik pula dirinya dalam memahami nilai-nilai monogami. Hal ini tidak akan didapatkan dari pria yang kurang cerdas. Sebagai contoh, dalam sejarah evolusi manusia, manusia purba yang dianggap tidak secerdas manusia modern cenderung tidak mengerti eksklusifitas seksual dengan hanya satu pasangan saja dan menganggapnya tidak bermanfaat.

Pendapat Kanazawa yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Social Psychology Quarterly ini menyebutkan bahwa pria cerdas cenderung mampu beradaptasi dengan lebih baik agar bisa setia dengan satu pasangan. Namun, bagi kaum wanita, tidak ada keterkaitan sama sekali antara kecerdasan intelektual dengan kemungkinan untuk berselingkuh. Bisa jadi, tidak adanya kaitan ini disebabkan oleh tuntutan budaya di hampir semua tempat di seluruh dunia yang menganggap wanita sebagai seorang pendamping yang harus setia pada pasangannya, meskipun mereka sendiri berada dalam keluarga poligami.

Jadi, bagi kaum hawa, ada baiknya lebih selektif untuk memilih pasangan. Pilihlah yang cerdas saja agar tidak sampai diselingkuhi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi