Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Urusan merawat alat vital, pria memang masih kalah dengan wanita. Pria cenderung tidak acuh dengan alat vitalnya. Asal setelah kencing dicuci dengan bersih, penis akan bersih dan tidak gangguan kesehatan tidak muncul.

Cara Merawat Buah Zakar Agar Berfungsi Baik dan Sehat

Apa yang dilakukan oleh sebagian besar pria ini seharusnya tidak dicontoh. Penis memang bisa dibersihkan dengan air setelah kencing. Namun, bagian dari penis tidak hanya batangnya saja. Penis juga memiliki kantung zakar atau ball yang perlu dirawat dengan baik.

Kalau Anda ingin memiliki penis sehat, jangan lupakan ‘bola’nya. Lakukan perawatan dengan melakukan hal di bawah ini.

1. Cuci dengan bersih

Cuci area zakar dengan bersih setiap hari khususnya setelah olahraga. Setelah olahraga, kantung zakar akan jadi lebih lembap karena berkeringat. Kondisi ini menyebabkan Anda merasa gatal karena bakteri dan kuman mudah berkembang biak.

Segera mandi dan bersihkan area bola dengan lembut. Gesek lembut bagian kulit untuk membuang kotoran yang ada di sana. Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang menyebabkan pria alami kemandulan.

2. Gunakan bedak khusus

Area zakar sangat lembap dan mudah berkeringat. Kondisi bisa diatasi dengan menaburkan bedak tertentu. Bedak akan mengurangi kelembapan berlebihan yang mengundang bakteri mendekat dan tumbuh dengan subur.

3. Menggunakan krim tertentu

Sebagai pengganti bedak, Anda bisa menggunakan krim tertentu. Krim ini akan menjaga kelembapan kulit zakar akan tidak terlalu kering atau basah. Krim ini juga mencegah iritasi dan rasa tidak nyaman.

4. Mencukur rambut

Disadari atau tidak, kantung zakar masih memiliki rambut yang kadang panjang dan membuat selangkangan jadi gatal. Lakukan pemotongan rambut ini secara rutin dan hati-hati agar tidak melukai kulit.

Nah, sudah tahu kan bagaimana merawat kantung zakar yang sangat penting ini?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi