Terbit: 11 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan kanker yang ada di dalam jaringan atau organ tubuh adalah kemoterapi. Sayangnya, kemoterapi yang bermanfaat ini juga memberikan efek samping pada tubuh pria khususnya kemampuan reproduksi sehingga bisa membuat pasangannya jadi hamil.

Agar Pria Penderita Kanker Tetap Bisa Memiliki Anak

Efek samping dari kemoterapi untuk kesuburan pria

Kemoterapi bekerja untuk membunuh sel yang membelah dengan cepat. Nah, sperma yang dimiliki oleh pria juga membelah dengan cepat. Akibatnya, sel sperma juga ikut dibunuh oleh obat yang digunakan untuk kemoterapi. Rusaknya sel sperma pada pria membuat mereka jadi mandul dan akhirnya peluang mendapatkan kehamilan jadi menurun.

Selain membunuh sperma, obat yang digunakan untuk kemoterapi juga menyebabkan terhentinya produksi hormon testosteron di dalam testis. Terapi ini juga merusak saraf dan pembuluh darah di daerah pelvis juga terganggu sehingga ereksi juga sulit didapatkan.

Cara mendapatkan keturunan pada pria penderita kanker

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pria untuk melindungi sperma dan membuat mereka bisa tetap mendapatkan momongan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan perisai anti radiasi. Saat dilakukan pengobatan kanker seperti radioterapi, perisai digunakan untuk mencegah rusaknya jaringan pada testis.

Kalau pemakaian perisai tidak bisa dilakukan karena lokasi kanker yang sudah dijangkau, pria disarankan untuk menampung spermanya terlebih dahulu. Penyimpanan sperma bisa dilakukan di bank sperma. Saat program kehamilan mulai dilakukan, sperma bisa digunakan untuk membuahi sel telur di dalam tubuh wanita atau di luar tubuh wanita atau program bayi tabung.

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh penderita kanker agar tetap bisa memiliki anak adalah pembekuan jaringan testis. Pembekuan jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan testis sehingga saat dibutuhkan bisa dicairkan terlebuh dahulu.

Dengan melakukan cara-cara di atas, pria tetap bisa mendapatkan keturunan meski mereka menjalani terapi untuk kanker.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi