Terbit: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa ASI adalah makanan yang sempurna untuk bayi. ASI disebut-sebut sebagai bahan makanan yang kaya akan zat gizi. ASI memiliki berbagai kandungan jenis zat gizi yang lengkap mulai dari zat gizi makro, karbohidrat, protein dan lemak, serta kandungan gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Ini yang Menyebabkan Kandungan Mineral Pada ASI Baik Untuk Bayi

Kandungan gizi yang ada pada ASI merupakan gizi yang lengkap untuk tubuh bayi. Gizi yang diperoleh dari ASI cenderung lebih mudah diterima oleh tubuh bayi karena ketersediaannya yang sesuai untuk kondisi bayi. Hal ini dapat kita lihat dari kandungan mineral yang ada pada ASI.

Kandungan mineral yang ada pada ASI adalah kandungan mineral yang sangat cocok untuk tubuh bayi. Hal ini disebabkan kandungannya lebih rendah dibandingkan dengan susu non ASI, namun tetap dapat mencukupi kebutuhan bayi. Komposisi tersebut sangat bermanfaat karena asupan mineral pada ASI tidak akan membuat kerja ginjal bayi menjadi berat.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan diatas, kandungan mineral yang ada pada ASI memiliki ketersediaan biologik yang lebih cocok untuk tubuh bayi. Sehingga kandungan mineral ASI akan lebih mudah diserap oleh tubuh bayi.

Kandungan mineral zat besi pada ASI memiliki daya serap 49% sedangkan pada susu formula hanya sebesar 10%. Selain itu kandungan zinc pada ASI lebih baik karena terikat pada protein dan jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan susu formula. Hal ini juga berlaku dengan jenis kalsium dan magnesium yang lebih mudah diserap oleh tubuh bayi.

ASI juga memiliki kandungan mineral trace yaitu mineral jenis kobalamin dan mangan yang ada dalam jumlah kecil namun penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ternyata ASI memang merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap untuk tubuh bayi. Salah satunya adalah kandungan mineral yang komposisinya telah sesuai dengan kondisi bayi sehingga dapat mendukung tumbuh kembang bayi dengan lebih optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi