Terbit: 3 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet vegetarian adalah salah satu jenis diet yang cukup menantang dalam pemilihan jenis bahan makanannya. Bahan makanan yang dipilih adalah bahan makanan yang non-hewani namun harus tetap memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sehinga dalam menerapkan diet vegetarian kita harus pandai dalam mengatur pola makan, baik dari jumlah dan jenis makanan yang kita pilih.

Ini Tips Pemilihan Makanan untuk Diet Vegetarian

American Dietetic Association menyebutkan beberapa tips untuk diet vegetarian agar pengaturan pola makan selama diet dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita. Tips dalam mengatur pola makan selama pelaksanaan diet vegetarian adalah:

  • Memilih bahan makanan yang beragam
  • Pemilihan bahan makanan yang bervariasi akan meningkatkan variasi jenis zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selama menjalani diet vegetarian kita dianjurkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijan dan, jika termasuk dalam jenis diet yang dipilih, produk susu dan telur. Masing-masing jenis bahan makanan diatas mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga diharapkan kita mengonsumsi makanan dari jenis diatas dan tidak hanya mengonsumsi 1-2 jenis saja.

  • Mengurangi makanan berpemanis buatan, tinggi natrium dan lemak trans
  • Asupan makanan yang menggunakan pemanis buatan, tinggi kandungan natrium dan lemak trans dapat mengurangi manfaat yang dapat dirasakan tubuh dari penerapan diet vegetarian. Sehingga pada diet vegetarian dianjurkan untuk mengurangi konsumsi minuman berpemanis buatan, misalnya minuman bersoda, atau produk yang ada di kemasaan yang umumnya tinggi natrium dan lemak trans.

  • Memilih buah dan sayur yang bervariasi
  • Pada buah dan sayur terdapat kandungan vitamin dan fitonutrien yang beragam pada masing-masing jenisnya. Pemilihan buah dan sayur yang bervariasi akan meningkatkan variasi jenis zat gizi ke dalam tubuh kita.

  • Memilih produk hewani rendah lemak
  • Jika jenis diet vegetarian yang dipilih adalah diet yang masih mengosumsi beberapa jenis produk hewani, maka sebaiknya pilih produk yang rendah lemak. MIsalnya susu rendah lemak, hal ini akan mendukung manfaat diet yang lebih optimal untuk tubuh kita.

Pengaturan pola makan yang tepat selama diet vegetarian akan mendukung keberhasilan diet kita. Sehingga manfaat dari diet vegetarian dapat diperoleh tubuh dengan maksimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi