Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari? Ya, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO) menganjurkan  kita untuk mengonsumsi 400 gram buah dan atau sayur setiap hari. Namun bagaimana menghitungnya?

Cara Menghitung Porsi Buah yang Perlu Dimakan Setiap Hari

Cara Menghitung Konsumsi Buah

Sebelum menghitung berapa jumlah buah yang kita konsumsi, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang dapat dihitung atau disebut sebagai buah.

Menurut British Dietitian Association, selain buah dalam bentuk segar, buah dalam bentuk beku, kering atau kalengan juga merupakan bahan makanan yang dapat dihitung dalam konsumsi buah. Selain itu berbagai jenis olahan buah seperti jus atau smoothies juga tentu dihitung sebagai asupan buah.

Kementerian Kesehatan RI dalam Buku Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan konsumsi 150 gram buah. Agar dapat mengonsumsi buah dalam porsi tersebut, kita perlu memerhatikan berapa porsi untuk menghitungnya. Porsi atau besarnya jumlah buah dan sayur tentu tidak sama pada setiap jenis bahan makanan.

Satu Porsi Buah, Berapa Beratnya?

Satu porsi buah umumnya memiliki berat 60-80 gram, sehingga dalam satu haru kita akan mengonsumsi 2-3 porsi buah. Menurut British Dietitian Association satu porsi ini akan mudah kita hitung jika jenis buahnya adalah buah utuh sekali saji misalnya pisang, apel, pir, jeruk. Umumnya, berat satu buah ukuran sedang jenis tersebut setara dengan 50-80 gram.

Jika buah yang kita konsumsi adalah buah dalam ukuran besar, misalnya nanas, semangka atau melon, maka satu porsi yang dimaksud adalah dengan berat 80 gram setara dengan satu iris sedang buah tersebut.

Lain lagi jika buah yang kita konsumsi ukurannya kecil, misalnya stroberi, arbei, angur. Satu porsi atau 80 gram buah tersebut setara dengan kurang lebih 1 mangkuk kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan buah dan sayur maka kita perlu memerhatikan berapa porsinya. Dengan begitu, kebutuhan buah dan sayur kita tercukupi dalam jumlah yang pas.

Nah, buah dan sayur apa yang Anda konsumsi hari ini?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi