Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah melalui masa kehamilan dan melahirkan, ibu memasuki masa menyusui. Masa menyusui merupakan fase yang penting, baik bagi ibu dan bayinya.

Ibu Menyusui Juga Harus Perhatikan Asupan Gizinya

Umumnya kita beranggapan jika ibu telah melahirkan maka asupan zat gizinya tidak perlu sebaik saat melahirkan. Namun ternyata asupan gizi ibu selama menyusui juga akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak karena gizi ibu selama menyusui memengaruhi kualitas ASI (Air Susu Ibu).

Bagi ibu masa ini merupakan masa pemulihan pasca hamil dan melahikan. Sedangkan bagi bayi masa tumbuh kembang di awal kehidupannya sebaiknya dipenuhi dari ASI yang berkualitas.

Pada masa menyusui, jumlah asupan gizi yang diperlukan ibu umumnya lebih banyak dari masa kehamilan. Kondisi ini disebabkan, selain zat gizi tersebut diperlukan oleh ibu untuk pemulihan, ibu juga harus memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

ASI yang berkualitas, baik dari segi jumlah dan kandungan gizinya, dipengaruhi oleh asupan zat gizi ibu yang tepat. Sehingga ibu harus memerhatikan asupan zat gizi selama kehamilan. Beberapa hal terkait zat gizi yang perlu dipenuhi oleh ibu menyusui adalah:

  • Memenuhi kebutuhan energi
  • Kebutuhan energi ibu saat menyusui jauh lebih banyak dibandingkan dengan saat hamil. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013 ibu membutuhkan tambahan 330 – 400 kkal dari kebutuhan hariannya selama menyusui. Pemenuhan kebutuhan energi akan mendukung pemulihan ibu dan produksi ASI dengan baik.

  • Memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro
  • Asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang baik sangat memengaruhi kondisi ibu selama menyusui. Hal ini juga mendukung produksi ASI yang berkualitas karena asupan vitamin dan mineral yang mendukung kualitas ASI telah dipenuhi oleh ibu.

  • Menghindari bahan makanan atau minuman yang menganggu produksi ASI
  • Produksi ASI dapat turun secara jumlah dan kualitasnya jika ada asupan zat yang dapat menganggu produksi ASI maka dari itu ibu harus mengetahui bahan makanan apa yang dihindari selama masa menyusui.

Asupan zat gizi bu selama menyusui merupakan hal penting untuk pemulihan dan pemenuhan kebutuhan zat gizi bayi. Maka dari itu setelah melahirkan ibu tidak boleh lengah dan harus tetap memerhatikan asupan zat gizinya ya
.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi