Terbit: 12 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hubungan antara anak dengan orang tua ternyata berpengaruh pada kondisi kesehatan anak di masa mendatang. Meskipun orang tua memberi anak berbagai fasilitas mewah, namun jika tak ada hubungan baik antara orang tua dan anak, hal ini akan terbuang percuma.

Hubungan Harmonis dengan Orang Tua Membuat Anak Lebih Sehat

Photo Credit: Daisy Wilkinson

Itulah kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh Matthew Anderson, asisten profesor sosiologi di Baylor’s College of Arts & Sciences, Houston yang diterbitkan pada Journal of Health and Social Behavior.

“Penelitian sebelumnya menghubungkan antara status sosial ekonomi tinggi dengan nutrisi, kualitas lingkungan dan kesempatan yang lebih baik bagi anak untuk pengembangan kemampuan sosial. Namun butuh hubungan yang baik antara orang tua dan anak untuk membentuk anak disiplin saat makan, tidur, dan kegiatan rutin lainnya,” urai Anderson dikutip dari science daily.

Pada 1995 dilakukan penelitian pada lebih dari 2.700 orang dewasa berusia 25-75 tahun untuk mengamati perlakuan orang tua pada mereka semasa kecil. Sekitar 1 dekade kemudian, sekitar 1.700 peserta melengkapi survey tersebut untuk melihat bagaimana kondisi mereka saat paruh baya.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kekerasan yang dilakukan pada anak dapat menghapuskan keuntungan yang dimiliki anak dari fasilitas yang didapat.

“Intinya, jika tidak ada hubungan baik antara anak dan orang tua, keuntungan sosial ekonomui yang dimiliki seseorang pada masa anak-anak tidak dapat memberikan mereka perlindyngan terhadap berbagai penyakit kronis saat mereka dewasa dan paruh baya,” jelas Anderson.

Sebuah penelitian di Jepang juga mendukung penelitian yang dilakukan oleh Anderson. Anak-anak yang memiliki hubungan harmonis dengan orang tua dapat tumbuh menjadi pribadi dewasa yang memiliki percaya diri, lebih sehat dan bahagia.

Untuk itu, dalam mendidik anak selain perlu dukungan kemampuan sosial dan ekonomi yang baik juga perlu perhatian positif pada anak dan cara berkomunikasi yang baik untuk membesarkan anak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi