Terbit: 15 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai muncul pada setiap orang. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah, penuaan yang muncul terlalu dini dapat membuat sebagian orang menjadi khawatir. Karena itu, banyak orang mengeluarkan biaya lebih demi perawatan kulit untuk menghindari munculnya penuaan.

Ingin Selalu Awet Muda? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Photo Credit: Flickr.com/tommerton2010

Namun yang perlu diingat, menjaga atau merawat kulit tidak hanya dilakukan dari luar, namun juga harus dari dalam. Artinya, Anda juga perlu memperhatikan apa yang Anda makanan. Seperti yang dilansir dari naturalon.com, berikut ini beberapa makanan yang harus Anda konsumsi untuk menghindari penuaan dini.

1. Avokad

Avokad kaya akan bahan yang baik untuk lemak kulit Anda. Buah ini juga mengandung glutation yang diketahui dapat melawan penuaan dini. Selain itu, avokad akan membantu membersihkan racun dari tubuh dan glutation akan menghentikan kerutan dan jerawat.

2. Ikan

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, menambahkan makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan salmon akan membantu melembabkan kulit dari dalam. Tambahkan ikan dalam menu makanan Anda tiga kali seminggu untuk kulit yang lembut dan kenyal.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga kaya akan lemak sehat. Omega-3 dan vitamin E yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat baik untuk kulit Anda. Selain itu, makanan ini juga akan membantu masalah kulit seperti eksim, psoriasis dan jerawat.

4. Sayuran Akar Berwarna Oranye

Jika Anda menginginkan kulit yang sehat bercahaya alami, maka Anda akan perlu menambahkan beta-karoten dalam menu Anda. Bahan ini dapat Anda temukan dalam makanan seperti ubi jalar, labu, serta wortel.

5. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan zat yang disebut dengan FGCG. Kedua zat ini akan membuat sel-sel kulit tumbuh dengan baik dan membantu menjaga kulit Anda tetap cantik dan sehat.

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat membantu Anda mencegah timbulnya penuaan dini. Jadi, mari mulai menambahkan makanan tersebut dalam menu harian Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi