Terbit: 3 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam menjalankan diet, kita biasanya akan mengingat apa –apa saja makanan yang dilarang agar tidak membuat diet gagal. Bahkan mungkin jika makanan-makanan yang dilarang tersebut didaftar tentu akan sangat panjang. Namun lima jenis bahan makanan dibawah ini akan merangkum apa saja makanan yang harus dihindari agar diet kita berhasil.

Hindari Makanan Ini Jika Ingin Dietmu Sehat

Ada berbagai jenis diet yang kita ketahui, namun tidak semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu Yale University School of Public Health di Inggris melakukan suatu penelitian untuk mengetahui apa saja elemen dari bahan makanan yang dapat menganggu manfaat kesehatan dari suatu diet. Hal ini dilakukan dengan membandingkan 6 jenis diet dan membandingkan prinsip pada masing-masing diet tersebut.

Keenam jenis diet yang diteliti adalah diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet vegetarian, diet mediterania, diet mix atau diet kombinasi dan diet paleolitik. Dari berbagai jenis diet tersebut, diperoleh jenis-jenis makanan yang dapat membuat diet menjadi tidak berhasil.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar keberhasilan diet tercapai adalah:

  • Bahan makanan berpemanis buatan
  • Pada hampir seluruh jenis diet konsumsi pemanis buatan dibatasi, karena asupan yang berlebihan menganggu kadar gula darah. Makanan berpemanis buatan misalnya minuman bersoda dan bahan makanan yang umumnya kemasan.

  • Makanan olahan yang diproses
  • Makanan yang diproses akan meningkatkan penggunaan bahan tambahan pangan seperti pengawet, perasa dan lain sebagainya. Hal ini dapat memengaruhi tekanan darah sehinga mengganggu keberhasilan diet. Makanan olahan yang diproses contohnya daging kalengan.

  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan tinggi lemak tentu akan menganggu keberhasilan diet sehat kita. Hal ini akan memengaruhi profil darah dan menganggu kesehatan tubuh. Makanan tinggi lemak sebaiknya dihindari pada makanan yang digoreng, bersantan dan makanan kemasan yang tinggi kandungan lemak trans.

  • Makanan hewani tinggi lemak
  • Kandungan lemak yang ada pada sumber protein hewani umumnya lebih tinggi daripada sumber protein nabati. Protein hewani yang memiliki kandungan lemak tinggi misalnya daging merah dan seafood. Disarankan protein hewani yang dipilih adalah yang kandungan lemaknya rendah misalnya ikan.

Empat jenis bahan makanan diatas dapat membuat diet sehat kita menjadi gagal. Maka dari itu selalu hindari bahan makanan tersebut agar diet yang kita lakukan memberikan manfaat kesehatan secara maksimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi