Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sabun cuci muka sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Namun, berhati-hatilah dalam memilih sabun muka. Karena beberapa bahan bisa jadi tidak akan baik untuk kulit Anda.

Hindari 5 Bahan Ini Saat Memilih Sabun Wajah

Photo Credit: Flicker.com/Gomji Brown

Seperti yang dilansir dari How Stuff Works, berikut ini 5 bahan yang sebaiknya Anda hindari saat memilih sabun cuci muka.

1. Sodium lauryl sulfate

Sodium lauryl sulfate merupakan bahan umum yang digunakan dalam sabun cuci muka untuk menghasilkan busa. Bahan inilah yang memberikan rasa kesat setelah mencuci wajah. Namun masalahnya, sodium lauryl sulfate dapat menghilangkan minyak alami pada kulit Anda.

Padahal ketika kulit Anda kehilangan minyak alaminya, tubuh justru akan menghasilkan lebih banyak minyak lagi untuk mengganti minyak yang hilang. Selain itu, pada beberapa orang justru dapat menimbulkan reaksi iritasi atau alergi.

2. Alkohol

Alkohol juga banyak ditemukan pada produk kecantikan. Fungsinya adalah untuk membantu bahan seperti retinol dan vitamin C meresap ke alam kulit dengan lebih efektif. Caranya adalah dengan memecah pelindung alami kulit. Memang alkohol tersebut akan membantu penyerapan bahan lainnya, namun bisa membuat kulit sangat kering dan menimbulkan iritasi.

3. Paraben

Pada produk kecantikan, paraben digunakan untuk mencegah produk basi dan mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur berbahaya. Paragen meniru esterogen, sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Bahkan, sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Toxicology mendeteksi paraben pada tumor payudara. Meski begitu, belum ada keterkaitan yang jelas antara kanker dengan paraben.

4. Minyak

Banyak produk kosmetik mengandung petroleum dan bahan turunan minyak mineral. Meskipun minyak membantu melembabkan kulit, sayangnya beberapa jenis tertentu justru akan membuat pori-pori tersumbat dan memicu jerawat. Pilih sabun dengan minyak tanaman alami dan hindari sabun dengan minyak lain seperti: Propylene Glycol, Parraffin, Mineral Oil, Butylene Glycol, Isopropyl Alcohol dan Petrolatum.

5. Pewangi

Pewangi pada produk kecantikan memang menggoda untuk digunakan. Pewangi dalam produk kosmeting sering kali mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya. Hindari produk yang bertuliskan fragrance karena tambahan pewangi seperti ini tidak menambahkan manfaat apa-apa pada sabun muka dan terkadang cenderung mengiritasi dan membuat kulit kering.

Nah, itu tadi beberapa bahan yang sebaiknya Anda hindari saat memilih sabun untuk wajah. Jadi, mulai perhatikan sabun muka yang Anda pilih, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi