Terbit: 25 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Tanggal 25 Januari selalu diperingati sebagai Hari Gizi Nasional di Indonesia. Tak hanya diperingati secara seremonial saja, hari ini sebaiknya juga dijadikan tonggak bagi kita untuk memperbaiki asupan gizi harian kita sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Untuk tahun 2017 sendiri, GERMAS menekankan tiga aktifitas utama yang sebaiknya diperhatikan oleh masyarakat, yakni, memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, rajin berolahraga, dan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Hari Gizi Nasional: Jangan Lupa Asupan Sayur dan Buah Setiap Hari

Dari ketiga aktifitas tersebut, masyarakat Indonesia masih cenderung menyepelekan pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah setiap hari. Padahal, kita termasuk cukup beruntung karena tinggal di negara dimana mendapatkan sayuran dan buah dengan harga yang terjangkau sangat mudah untuk dilakukan.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, diketahui bahwa 93,5 persen masyarakat dengan usia lebih dari 10 tahun di Indonesia masih mengkonsumsi buah dan sayuran dengan jumlah kurang dari rekomendasi yang ditetapkan untuk mewujudkan Gizi Seimbang. Angka ini tentu cukup memprihatinkan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sayuran dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Berbagai nutrisi baik ini bisa berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan efek buruk paparan radikal bebas penyebab penyakit. Bahkan, kandungan serat di dalam sayuran dan buah bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan keseimbangan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol darah. Kerap mengkonsumsi makanan sehat ini juga akan membuat kita menjaga berat badan tetap ideal.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan asupan konsumsi sayuran dan buah sebanyak 400 gram untuk orang dewasa setiap hari. Asupan ini terdiri dari 250 gram sayuran yang setara dengan 2,5 porsi atau 2,5 gelas sayur yang sudah dimasak dan ditiriskan, serta 150 gram buah yang setara dengan 3 buah pisang ambon atau 1,5 potong buah pepaya atau 3 buah jeruk berukuran sedang. Untuk anak-anak atau balita, ada baiknya mengkonsumsi sayuran dan buah sebanyak 300 hingga 400 gram setiap harinya.

Jangan ragu untuk selalu memenuhi asupan makanan sehat seperti sayuran dan buah setiap hari agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Lagipula, sayuran dan buah juga terasa enak, kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi