Terbit: 18 November 2021 | Diperbarui: 19 November 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pilek tidak sembuh-sembuh dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang jarang kita sadari. Gejala pilek yang berlangsung terus-menerus akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, ketahui sejumlah penyebab dan cara mengobatinya berikut ini.

5 Penyebab Pilek Tidak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pilek Tidak Sembuh-Sembuh

Pilek biasanya berlangsung 3 sampai 7 hari, tetapi terkadang dapat bertahan selama 2 minggu. Namun, jika pilek tidak kunjung sembuh meskipun sudah mencoba berbagai pengobatan, kemungkinan ini disebabkan oleh sejumlah faktor tertentu.

Berikut ini berbagai penyebab pilek tidak sembuh-sembuh:

1. Kurang istirahat

Manfaat tidur sangat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja seperti seharusnya. Setelah  pilek, tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk membantu tubuh melawan virus. Sebaiknya tidak beraktivitas atau bersantai selama 3 hari pertama.

Terlalu sedikit waktu tidur juga bisa membuat seseorang lebih mungkin terkena flu. Satu penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam tiga kali lebih mungkin sakit daripada orang yang tidur selama 8 jam atau lebih.

2. Kekurangan cairan

Ketika sakit, tubuh rentan mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang membuat menelan terasa tidak nyaman.

Demam dapat menarik kelembapan dari tubuh. Ditambah kehilangan cairan saat tubuh membuat lendir dan mengalir keluar. Obat flu yang dijual bebas untuk mengeringkan kepala, juga bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah banyak air, jus, atau sup.

3. Terlalu banyak berolahraga

Tidak masalah untuk aktif jika semua gejala flu di atas leher, seperti hidung meler, kepala tersumbat, bersin, atau sakit tenggorokan. Pertimbangkan untuk sekadar lari atau berjalan di taman.

Jika memiliki gejala di bawah leher, seperti dada sesak, batuk, sakit perut, nyeri otot, demam, atau kelelahan, sebaiknya istirahatkan, karena ini menjadi salah satu penyebab pilek tidak sembuh-sembuh. Istirahat dapat memberi waktu untuk kembali meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Stres

Stres bisa menjadi penyebab flu tidak sembuh-sembuh. Ketika stres akibat ketakutan terhadap kehidupan, pekerjaan, atau apa pun itu, ini akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang lemah tidak dapat melawan virus sebaik yang seharusnya.

Kondisi tersebut membuat seseorang lebih rentan terkena flu. Jika ini terjadi, gejalanya akan menjadi lebih buruk.

Stres yang berkelanjutan membuat tubuh kurang mampu merespons kortisol, hormon yang mengontrol respons tubuh terhadap ancaman seperti virus yang menyebabkan flu biasa.

5. Mengobati penyakit yang salah

Sangat mudah untuk keliru antara pilek dengan penyakit lain. Seseorang mungkin mengobati pilek selama beberapa minggu, tetapi gejala yang sebenarnya terjadi akibat tinggal di tempat bercuaca dingin yang memicunya alergi. Agar tidak keliru, penting untuk membedakan pilek dan alergi.

Gejala pilek biasanya berlangsung beberapa hari. Sedangkan alergi bisa datang dengan cepat, dan berlangsung selama bersentuhan dengan alergen. Keduanya dapat menyebabkan batuk, pilek, dan bersin, tetapi pilek lebih cenderung menyebabkan sakit, nyeri, atau demam.

Selain alergi, mungkin karena infeksi sinus. Baik itu sinus dan pilek menyebabkan rasa sakit di sekitar mata dan hidung, serta penyumbatan karena lendir kekuningan. Gejalanya sering kali terjadi dalam beberapa hari pertama pilek. Tetapi infeksi sinus biasanya muncul setelah waktu normal yang diperlukan untuk pilek.

Baca Juga: Pilek: Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll

Cara Mengobati Pilek Tidak Sembuh-Sembuh

Beberapa pengobatan rumahan efektif mengatasi gejala flu atau pilek berkepanjangan dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih cepat.

Berikut ini cara mengatasi flu tidak sembuh-sembuh:

1. Teh jahe

Minum secangkir teh jahe panas akan membantu mengatasi pilek kronis dengan cepat. Senyawa gingerol yang terkandung dalam jahe dapat mengurangi peradangan pada selaput lendir.

Teh jahe juga memberikan jalur yang aman bagi lendir untuk mengalir keluar dari tubuh. Tidak hanya enak, teh jahe juga menghidrasi tubuh selama musim dingin. Minum dua cangkir teh jahe dalam sehari sudah cukup baik untuk mengatasi dingin.

2. Sirup madu dan bawang

Jika flu tidak sembuh disertai dengan batuk parah dan dahak berwarna kuning, cobalah minum campuran madu dan jus bawang. Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari campuran ini bisa membantu melonggarkan dahak dari dada. Minuman herbal ini juga dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan mengurangi rasa lelah.

3. Uap

Uap dalam bentuk apa pun menjadi pengobatan yang bagus untuk mengatasi pilek dan batuk dari dalam. Baik dalam bentuk teh, mandi air panas, atau sekadar menghirup dan mengeluarkan air dari mangkuk panas, uap efektif untuk pilek dan batuk kronis.

Bahan-bahan tertentu seperti peppermint, tea tree oil, dan minyak daun kayu putih bisa dicampur dengan uap panas dan bahan yang sama dapat dihirup untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Beberapa bahan tersebut memberikan efek antivirus yang dapat mengatasi hidung mampet.

4. Sirup batuk

Ini bukan sirup yang tersedia di apotek, melainkan sirup yang dibuat dari akar licorice, jahe, akar marshmallow, dan kayu manis. Sirup herbal ini mampu mengatasi sakit tenggorokan, menenangkan selaput lendir, dan membersihkan dahak dari dalam.

Untuk meningkatkan rasa dan khasiatnya, bisa ditambahkan satu sendok madu ke dalam sirup batuk. Minumlah 2 sendok makan sirup ini harus sebanyak dua kali sehari sebelum makan.

5. Mandi air garam

Mandi air hangat yang dicampur garam, minyak lavender, minyak kayu putih, dan minyak peppermint bisa membantu meringankan tubuh dari kelelahan dan penyumbatan. Ini menjadi salah satu pengobatan alami untuk flu yang tidak kunjung sembuh akibat suhu dingin.

Cobalah mandi air garam selama 15 menit untuk menenangkan tubuh dan mengurangi nyeri di tubuh jika mengalaminya.

Baca Juga: 23 Obat Pilek yang bisa Anda Coba (Medis dan Alami)

Itu dia sejumlah penyebab pilek tidak sembuh-sembuh hingga cara mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. 6 Reasons Why Your Cold Won’t Go Away. https://www.webmd.com/cold-and-flu/your-cold-wont-go-away (Diakses pada 18 November 2021)
  2. Manamwar, Gajanan. Tanpa Tahun. Chronic Cold – 6 Home Remedies To Help You Treat it. https://www.lybrate.com/topic/chronic-cold-6-home-remedies-to-help-you-treat-it/ee7dd43dac1e33f55e0689014fcb32ac (Diakses pada 18 November 2021)
  3. Mayo Clinic Staff. 2021. Cold remedies: What works, what doesn’t, what can’t hurt. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/in-depth/cold-remedies/art-20046403 (Diakses pada 18 November 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi