Terbit: 11 Februari 2018 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Aktivitas yang padat kadang membuat kita kita lupa waktu, terutama waktu untuk makan. Sering kali kita mengorbankan waktu makan demi terselesaikannya pekerjaan kita. Hal tersebut membuat waktu makan kita tidak teratur, bahkan tak jarang kita tidak makan sama sekali. Ketika tidak ada makanan yang masuk ke perut kita, otomatis perut kita akan kosong dan menyebabkan asam lambung meningkat. Meningkatnya asam lambung menyebabkan perut kita terasa perih dan tak nyaman. Meningkatnya asam lambung disertai nyeri biasa disebut maag. Banyak orang yang menderita maag akibat dari pola makan yang kurang tepat baik itu waktu makan maupun jenis makanan yang dikonsumsi.

Ini Tiga Langkah Mudah Cegah Maag

Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal of Gastroenterology, kita dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari menghindari maag, antara lain:

1. Menghindari makanan penyebab meningkatnya asam lambung
Makanan yang dapat meningkatkan asam lambung diantaranya kafein, coklat, makanan berlemak, makanan asam, dan pedas. Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi memiliki potensi meningkatkan asam lambung. Namun, kedua minuman tersebut aman jika tidak dikonsumsi berlebihan seperti satu atau dua cangkir dalam satu hari. Coklat dapat meningkatkan asam lambung karena mengandung lemak yang cukup tinggi, sama halnya dengan makanan berlemak tinggi. Makanan asam dan pedas dapat meningkatkan asam lambung karena sifatnya yang asam.

doktersehat-kopi-coffee-kehamilan-preganncy-menurunkan-depresi

2. Mencegah perut kosong terlalu lama
Perut yang kosong terlalu lama dapat meningkatkan asam lambung. Hal tersebut terjadi karena perut akan terus mengeluarkan cairan asam lambung meskipun perut dalam kedaan kosong. Untuk mencegah maag sebaiknya pastikan agar lambung terisi makanan secara teratur. Usahakan untuk mengonsumsi makanan boleh berupa snack paling tidak tiga hingga empat jam sekali.

3. Hindari stres
Penelitian yang di publikasikan oleh Digestive Diseases and Sciences menemukan bahwa meningkatnya asam lambung dapat terjadi akibat stress. Stress dapat merubah kebiasaan seseorang menjadi kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok, makan tidak teratur, atau perubahan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan asam lambung.

Dengan menerapkan tiga langkah diatas, kita dapat mencegah maag dengan cara yang tepat sehingga sakit maag kini tak perlu datang lagi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi