Terbit: 14 October 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu penyebab paling umum orang tua membawa anaknya ke dokter adalah karena sakit perut. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena gangguan ini dapat diobati dengan pengobatan rumahan. Lantas, bagaimana cara mengobati sakit perut pada anak secara alami? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

8 Cara Alami untuk Mengobati Sakit Perut pada Anak

Mengatasi Sakit Perut pada Anak Secara Alami

Meski pada beberapa kasus sakit perut adalah kondisi yang tidak membutuhkan perawatan khusus, karena umumnya membaik dalam beberapa jam/hari, perawatan tetap dibutuhkan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dialami anak.

Berikut adalah berbagai cara mengobati sakit perut pada anak secara alami, di antaranya:

1. Menjaga Anak Tetap Terhidrasi

Tawarkan segala bentuk minuman tanpa pemanis kepada anak untuk membuatnya tetap terhidrasi. Asupan cairan dapat membantu menenangkan saraf yang sakit di perutnya. Hindari memberikan susu/produk olahannya dan makanan yang digoreng, sampai kondisinya membaik.

Jika sakit perutnya disertai muntah, jangan memberinya makanan padat, biarkan anak menjalani diet cair sampai rasa sakitnya mereda.

2. Menempelkan Kompres Hangat

Salah satu cara mengobati sakit perut yang paling aman dan efektif adalah kompres hangat. Kompres hangat tidak memiliki efek samping dan memiliki efek yang cepat. Jika Anda menggunakan bantal pemanas, pilih tingkat panas terendah dan letakkan di perut anak.

Jika Anda tidak memiliki bantal pemanas, gunakan botol berisi air hangat, kemudian bungkus dengan kain dan tempelkan pada perutnya. Efek panas dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan sakit perut.

3. Konsumsi Yoghurt dan Makanan Probiotik Lainnya

Yoghurt dan fenugreek adalah makanan yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional sakit perut pada anak

Yoghurt mengandung probiotik sehingga dipercaya dapat meredakan diare dan kram. Selain itu, biji fenugreek juga dapat membantu mengobati sakit perut pada balita. Giling segenggam biji fenugreek, tambahkan yoghurt, dan berikan pada anak jika dia sakit perut.

4. Teh Herbal

Obat tradisional sakit perut pada anak lainnya adalah teh herbal. Anda bisa memberinya secangkir teh dengan beberapa daun mint dan beberapa tetes lemon. Mint dipercaya membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari usus, sementara lemon membantu mengatasi sembelit.

Jika usia anak di bawah 2 tahun, sebaiknya konsultasi dengan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda memberikannya.

Baca Juga: 11 Penyebab Anak Tidak Mau Makan yang Orang Tua Harus Waspadai

5. Madu

Madu adalah sumber karbohidrat, gula, dan antioksidan yang baik. Cairan kental ini bisa ditambahkan ke dalam teh herbal, air hangat, atau mengonsumsinya secara langsung. Namun, jangan berikan madu pada anak yang usianya masih dibawah 2 tahun

6. Berikan Pijatan Lembut

Saraf dan otot yang sakit di daerah perut dapat dihilangkan dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pijatan lembut. Gunakan telapak tangan dan jari untuk melakukan pijatan.

Pijat lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam di sekitar area pusar. Selain itu, pijatan lembut juga bisa dilakukan dari dada hingga ke bagian bawah perut untuk memberikan kelegaan.

Selain area sekitar perut, pijatan lembut bisa dilakukan di tangan atau kakinya. Tekanan pada bagian tubuh ini memiliki efek terapeutik pada area tubuh tertentu. Berikan tekanan yang stabil menggunakan ibu jari selama satu menit dan ulangi 4-5 kali.

7. Meningkatkan Aktivitas Anak

Cara alami untuk mengatasi sakit perut pada anak berikutnya adalah membuatnya tetap aktif bergerak. Tindakan apa pun yang dapat membantu merangsang saluran pencernaan adalah sesuatu yang dianjurkan, terutama saat anak mengalami sakit perut. Aktivitas sedang seperti berjalan dan berlari dapat memberikan kelegaan pada perut si Kecil.

8. Cobalah diet BRAT

Mengonsumsi banana, rice, applesauce, dan toast (BRAT) dapat memberikan kelegaan pada anak yang mengalami diare.

Makanan ini tidak mengandung rempah-rempah, sehingga tidak memperburuk kondisi. Selain itu, diet hambar ini sangat cocok untuk anak yang sedang sakit dan menginginkan sesuatu untuk dimakan yang sesuai dengan seleranya.

Nah, itulah berbagai cara mengobati sakit perut pada anak secara alami yang bisa Anda coba. Bila sakit perut pada anak berlajut dengan gejala yang lebih serius, mohon segera hubungi dokter.

 

  1. Aparna. 2019. 10 Home Remedies for Stomach Pain in Toddlers. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-stomach-pain-in-toddlers/. (Diakses pada 14 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi