Terbit: 27 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Minyak ini dapat membantu mengatasi masuk angin, sakit kepala, atau sakit perut. Tapi, pernahkah Anda mendengar manfaat minyak kayu putih untuk ketiak? Simak ulasan tentang benarkah cara memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih terbukti ampuh dan cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat kulit ketiak lebih bersih.

Benarkah Cara Memutihkan Ketiak dengan Minyak Kayu Putih?

Benarkah Cara Memutihkan Ketiak dengan Minyak Kayu Putih?

Minyak kayu putih adalah salah satu jenis minyak esensial yang paling sering digunakan. Manfaat kesehatan minyak kayu putih beragam, termasuk kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan pereda nyeri. Bahkan, minyak kayu putih juga terbukti mampu meningkatkan produksi ceramide, sejenis asam lemak yang membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Ada banyak rumor tentang manfaat minyak kayu putih untuk kulit. Meskipun demikian, sangat sedikit penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa minyak kayu putih baik untuk merawat masalah kulit seperti jerawat, eksim, hingga ketiak yang hitam.

Apabila minyak kayu putih dioleskan ke bagian kulit yang sensitif seperti ketiak, maka dapat menimbulkan sensasi panas terbakar yang disebabkan oleh kandungan sineol di dalamnya.

Walaupun banyak mitos yang memberikan cara memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih, namun ahli kesehatan tidak merekomendasikan penggunaan minyak kayu putih untuk ketiak agar putih dan cerah. Jika Anda ingin memiliki kulit ketiak yang lebih cerah, Anda bisa menggunakan cara alami lain atau dengan produk perawatan kulit yang terbukti lebih aman.

Cara Alami Memutihkan Ketiak

Ada banyak hal yang menyebabkan warna ketiak menghitam, misalnya seperti kebiasaan mencukur bulu ketiak hingga penumpukan sel kulit mati. Berikut ini cara alami yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit ketiak secara aman:

  • Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh tidak hanya bekerja mencerahkan kulit ketiak, tetapi sekaligus mengurangi bau tidak sedap pada ketiak. Kandungan antioksidan yang ada di dalam minyak esensial ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

Cara menggunakannya mudah, yaitu mengencerkan tea tree oil dan air lalu aduk sampai rata. Tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot bersih, lalu kocok lagi.

Semprotkan ke area bawah ketiak lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

  • Lemon

Lemon memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit jika digunakan secara rutin.

Iris buah lemon menjadi beberapa bagian yang tebal, lalu usapkan ke area bawah ketiak selama 2 sampai 3 menit. Biarkan air lemon meresap selama 10 menit setelahnya sebelum dibilas dengan bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar kaya akan kandungan asam amino dan asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya itu, cairan ini juga bekerja sebagai desinfektan dan bakteri yang ada di kulit.

Anda bisa memutihkan ketiak dengan mengencerkan cuka sari apel ke dalam air. Lalu celupkan kapas ke dalamnya dan tepuk-tepuk lembut ke area ketiak. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Kunyit

Selain dapat membuat rasa masakan menjadi lebih sedap, kulit juga dikenal baik untuk merawat kulit. Tidak terkecuali untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Kunyit memiliki kandungan utama berupa curcumin, yaitu sejenis antioksidan yang dapat mencerahkan kulit.

Untuk hasil terbaik, campurkan bubuk kunyit dengan air lemon hingga menjadi pasta. Oleskan ke area ketiak, lalu diamkan selama 12 sampai 15 menit dan bilas dengan air.

  • Tomat

Dengan kandungan vitamin C yang melimpah, tomat dapat mencerahkan kulit ketiak secara efektif. Manfaat tomat lainnya adalah mengoreksi produksi keringat yang merupakan salah satu penyebab utama menggelapnya kulit ketiak.

Cukup dengan menggosokkan potongan buah tomat setiap hari di area ketiak, Anda akan bisa melihat hasilnya dalam waktu singkat. Diamkan air tomat yang menempel selama semalaman, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: 12 Cara Memutihkan Ketiak Hitam yang Alami dan Medis (Efektif)

Adakah Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kulit?

Penelitian yang menunjukkan manfaat minyak kayu putih untuk kulit masih sangat sedikit. Namun beberapa peneliti telah menemukan bukti nyata bahwa minyak kayu putih memiliki manfaat yang baik bagi kulit.

Manfaat tersebut antara lain adalah:

  • Mempercepat penyembuhan luka

Deanne Mraz Robinson, ahli kulit dari Connecticut, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kandungan sineol yang ada di dalam minyak kayu putih memiliki properti antiinflamasi, antibakteri, dan analgesik, sehingga sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka dan meredakan rasa nyeri. Namun, tidak dapat dipakai untuk kulit dengan luka terbuka.

Perlu diperhatikan juga bahwa minyak kayu putih harus digunakan secara topikal. Hanya saja belum ada penelitian lebih lanjut tentang jenis bakteri apa yang dapat dilawan oleh minyak kayu putih.

  • Melembapkan kulit

Penelitian yang dilakukan di laboratorium menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan produksi ceramide yang dapat membuat kulit tetap terasa lembap, mengurangi peradangan, dan mengurangi degradasi kolagen yang disebabkan oleh sinar UVB.

Namun, minyak kayu putih bukanlah produk pelembap utama. Ada banyak pilihan skincare pelembap khusus yang bisa kamu pilih.

  • Melindungi kulit

Properti antioksidan yang ada di dalam minyak kayu putih membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan.

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun tidak disarankan penggunaannya untuk memutihkan kulit ketiak. Perlu diketahui bahwa mengoleskan minyak kayu putih pada kulit dapat menyebabkan rasa gatal dan sensasi panas pada titik yang dioles.

Selain itu, reaksi dermatitis akibat minyak kayu putih juga sering terjadi. Seseorang yang memiliki alergi terhadap tea tree oil atau minyak pohon teh tidak disarankan untuk menggunakan minyak kayu putih karena dikhawatirkan dapat memicu reaksi alergi yang sama.

Jadi, tidak ada cara memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih yang direkomendasikan. Silakan pilih alternatif bahan alami atau produk perawatan kulit yang memang diformulasikan dengan bahan aman untuk membantu mengatasi kulit ketiak yang gelap. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. Do you have dark underarms? these 5 simple remedies will help to lighten them. https://english.newsnationtv.com/photos/lifestyle/do-you-have-dark-underarms-dont-worry-these-5-simple-remedies-will-help-to-lighten-them-3536. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  2. Barry, Chris. 2019. Eucalyptus Oil in Skin Care: Uses, Benefits, Side Effects and More. https://dermcollective.com/eucalyptus-oil-in-skin-care/. (Diakses pada 26 Oktober 2021).
  3. Shunatona, Brooke. 2021. Dermatologists Aren’t Into Applying Eucalyptus Oil to Your Skin—Here’s Why. https://www.byrdie.com/eucalyptus-oil-for-skin-4801193. (Diakses pada 26 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi