Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi yang baru lahir memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh orang tua seputar cara menidurkan bayi yang baik dan benar. Bayi yang mendapat istirahat dengan cukup akan tumbuh lebih sehat dan tidak mudah rewel. Dilansir dari WebMD, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Cara Tidur Bayi yang Perlu Diketahui Orang Tua

Kenali tanda bayi mengantuk
Ketika bayi menguap, tentu ini pertanda bahwa bayi Anda mengantuk. Namun bayi kadang menunjukkan tanda lain selain menguap, yaitu menangis, mengucek mata, hiperaktif dan rewel. Tanda-tanda ini penting untuk Anda perhatikan karena bayi yang terlalu lelah biasanya justru susah tidur.

Jangan bangunkan bayi
Saat Anda mengajaknya bepergian, kadang bayi Anda tertidur di car seat. Sebagai orang tua, kadang Anda bingung antara membangunkannya atau membiarkannya tidur di car seat. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya jangan bangunkan bayi Anda dan biarkan ia tertidur di car seat. Lepas car seat Anda dari jok mobil dan pindahkan seluruh car seat ke kamar. Tidak masalah jika bayi tertidur di car seat untuk sementara waktu, namun jangan biarkan terlalu lama hingga semalaman. Untuk amannya, pindahkan ia ke kasur yang rata.

Ketahui durasi bayi tidur
Bayi yang baru lahir memang tidur dalam waktu yang lama, sekitar 16 jam per hari. Semakin dewasa, jam tidurnya akan semakin singkat dan teratur. Kadang bayi akan tidur siang sebanyak dua kali, lalu tertidur sepanjang malam.

Atur jadwal tidur bayi
Bayi yang memiliki jadwal tidur teratur ternyata bisa tidur lebih nyenyak. Buatlah jadwal tidur siang bayi yang tetap dari hari ke hari sehingga ritme tidurnya lebih teratur. Hindari waktu tidur siang yang terlambat karena akan membuat bayi sulit tidur di saat malam.

Ajari bayi tidur sendiri
Setelah bayi berumur beberapa minggu, Anda bisa mengajarkan buah hati Anda untuk tidur tanpa perlu diayun, disusui, atau ditimang. Wajar bila bayi mengantuk setelah disusui, dan cara ini sering digunakan para ibu untuk menidurkan bayinya. Namun jika bayi bisa tidur sendiri tanpa ritual khusus, ini akan baik bagi perkembangan bayi.

Tempatkan bayi di tempat tidur yang aman
Jika bayi Anda tertidur di sofa, lantai, atau tempat-tempat yang menurut Anda berisiko, segara pindahkan bayi ke tempat tidurnya. Pindahkan selimut, bantal, mainan, atau barang-barang lain yang dapat memicu sindrom kematian bayi mendadak atau yang dikenal dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi