Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak yang ngompol sebenarnya wajar terjadi, khususnya pada anak berusia di atas 3 tahun. Anak-anak pada usia ini umumnya sudah mampu mengatur kemampuan berkemih, namun ada juga yang berusia 5-6 tahun hingga remaja yang masih sering mengompol.

Cara Melatih Anak Agar Tidak Ngompol

Ngompol pada anak terkait dengan kemampuan mengontrol fungsi kandung kemih selama tertidur. Hal ini membutuhkan fungsi koordinasi yang baik antara otot, saraf, tulang belakang dan otak. Umumnya anak yang sering ngompol adalah laki-laki dan anak akan berhenti ngompol di usia yang sama dengan orang tuanya ketika berhenti ngompol waktu kecil.

Sebenarnya anak yang masih ngompol dianggap wajar sampai berusia 5 tahun. Namun ketika anak sudah berusia lebih dari 5 tahun dan masih mengompol, hal ini dapat menjadi indikasi gangguan saluran kemih atau karena perkembangan saluran kandung kemih anak belum matang dalam perkembangannya.

Bagi orang tua yang memiliki anak yang masih sering mengompol, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melatih anak agar tidak ngompol di malam hari, yaitu:

1. Terapkan rutinitas sebelum tidur
Sebelum tidur, ajak anak untuk melakukan rutinitas membersihkan diri seperti gosok gigi, buang air kecil, cuci kaki, cuci tangan dan cuci muka. Dengan melakukan rutinitas ini anak dapat tidur lebih nyaman dan mengurangi kemungkinan terbangun tengah malam.

2. Kurangi kafein
Saat malam hari, kurangi minuman yang mengandung kafein termasuk minuman bersoda dan minuman yang mengandung cokelat. Minuman-minuman ini dapat membuat anak lebih sering ingin buang air kecil di malam hari.

3. Berikan pujian
Saat anak berhasil tidak ngompol pada malam hari, Anda bisa memberinya pujian untuk membuatnya semangat dan merasa dihargai oleh orang tua. Namun jika anak Anda masih mengompol, sebaiknya hindari memarahinya. Anak yang dimarahi ketika ngompol akan membuatnya merasa takut sehingga makin sulit untuk belajar.

4. Ajak anak bicara
Jelaskan pada anak Anda bahwa sudah saatnya anak Anda dapat menggunakan toilet dengan baik dan benar dan tidak ngompol di malam hari. Jika anak takut ke toilet di malam hari, minta anak membangunkan Anda dan mengantarkannya ke toilet. Ajari anak Anda untuk berani dan mandiri sehingga tidak lagi ngompol saat tidur.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi