Terbit: 7 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Handphone adalah salah satu benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari, termasuk saat harus ke kamar mandi. Padahal, bahaya membawa HP ke kamar mandi tidak bisa diremehkan. Simak penjelasan lengkap mengenai bahaya membawa handphone ke toilet, selengkapnya di bawah ini.

7 Bahaya Akibat Sering Membawa HP ke Kamar Mandi

Potensi Bahaya Membawa HP ke Kamar Mandi

Bagi Anda yang memiliki pencernaan sehat, buang air besar (BAB) tidak akan menghabiskan waktu lebih dari sepuluh menit. Namun, lamanya waktu yang Anda habiskan di toilet akan berbeda jika ke toilet sambil membawa ponsel.

Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa kebiasaan ini adalah keputusan pribadi yang tidak perlu diperdebatkan. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bahaya membawa hp saat BAB. Berikut adalah berbagai  bahaya yang mungkin terjadi, di antaranya:

1. Menyebabkan infeksi saluran pencernaan

Membawa ponsel ke dalam toilet berarti membawanya ke dalam sarang kuman. Toilet yang paling bersih pun tidak bebas dari kuman terutama pada pegangan pintu, dudukan toilet, hingga tempat tisunya.

Toilet adalah sarang aneka bakteri berbahaya, salah satunya E. Coli. Bakteri  ini dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya. Pada anak-anak, bakteri ini dapat menyebabkan demam, kejang, dan radang selaput otak. 

2. Mengindikasikan fobia tertentu

Banyak orang yang membawa ponsel hingga ke kamar mandi umumnya karena takut ketinggalan informasi, percakapan, perkembangan terkini, dan lain-lain. Fenomena ini disebut FOMO (Fear of Missing Out). 

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi seluler mengakibatkan arus berita dan informasi berlangsung ekstra cepat. Namun tidak ingin lepas sama sekali dari ponseldapat mengindikasikan gejala stres dan masalah mental. Gangguan ini disebut nomophobia (no mobile phobia) atau  takut dan cemas berlebihan saat berjauhan dari ponselnya.

Tentu tidak serta merta seseorang yang membawa ponsel dan memainkannya di kamar mandi adalah penyandang nomofobia. Namun, jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus dan dalam jangka waktu panjang, tidak mustahil gangguan ini akan menyerang.

3. Ponsel menjadi pembawa kuman

Sebelum keluar dari kamar mandi, mayoritas orang mencuci tangan dengan sabun menyemprotkan hand sanitizer. Lantas, apakah umumnya ponselnya ikut dibersihkan? Tentu, sebagian besar tidak melakukannya.

Padahal, ponsel yang dibawa masuk ke kamar kecil kemungkinan besar terpapar kuman. Membawanya keluar dalam kondisi kotor akan menyebabkan kuman tersebut tersebar kemana-mana. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa handphone dapat membawa kuman yang berasal dari toilet.

4. Mengganggu proses BAB

Membawa ponsel (dan menggunakannya) ke dalam kamar mandi dapat mendistraksi seseorang dari tujuan awalnya: buang air besar. Duduk di toilet tidak dianjurkan lebih dari 10 menit. Namun dengan ponsel di tangan, proses tersebut dapat berlangsung lebih dari 20 menit.

Pada akhirnya, hal ini akan mengganggu proses pencernaan karena proses mengejan saat akan BAB menjadi terlupakan. Otak akan fokus layar ponsel dan ‘lupa’ mengingatkan usus untuk berkontraksi. Dalam jangka waktu panjang, hal ini akan mengganggu sistem kerja pencernaan.

Baca Juga: Bahaya Radiasi HP bagi Kesehatan dan Cara Mengurangi Dampaknya!

5. Memicu konstipasi

Dampak lanjutan dari gangguan pada sistem kerja pencernaan dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Bahaya membawa handphone ke toilet dalam jangka panjang membuat pencernaan terbiasa bekerja terlalu santai dan lama. 

Feses akan tertahan lebih lama di usus besar dan airnya diserap kembali oleh tubuh. Akibatnya racun akan kembali masuk dan tersebar melalui peredaran darah. Pada akhirnya, feses menjadi sulit dikeluarkan.

6. Memicu penyakit wasir

Konstipasi yang diderita dalam jangka waktu panjang dapat berujung pada penyakit wasir. Penyakit ini adalah kondisi peradangan usus besar di dekat anus yang dapat menyebabkan pendarahan, rasa sakit dan gatal yang amat sangat.

7. Memicu stres

Pada dasarnya, berada di toilet adalah saat melepaskan kotoran dari tubuh sekaligus istirahat singkat dari rutinitas. Jika ponsel tetap dibawa dan digunakan walau berada di toilet, otak tidak dapat beristirahat.

Otak akan terus bekerja menerima dan mengolah informasi. Mata juga akan terus menatap layar, menerima paparan cahaya dan radiasi. Keduanya dapat menyebabkan penurunan kinerja dan memicu stres.

Nah, itulah berbagai bahaya membawa HP ke kamar mandi yang penting untuk Anda tahu. Jangan sampai kebiasaan ini menjadikan ponsel pembawa penyakit yang berbahaya. Belum lagi risiko kehilangan data penting di dalamnya akibat tercemplung.

 

  1. Bhardwaj, Nikita. 2021. Here’s why you should stop taking your phone to the loo. https://www.healthshots.com/preventive-care/self-care/heres-why-you-should-stop-taking-your-phone-to-the-loo/. (Diakses pada 5 Maret 2022).
  2. Erickson, Alexa. 2021. Why You Absolutely Should Not Bring Your Cell Phone Into the Bathroom. https://www.familyhandyman.com/article/why-you-should-not-bring-your-cell-phone-into-the-bathroom/. (Diakses pada 5 Maret 2022).
  3. Murphy, Carrie. 2018. How Using Your Phone While You Poo Can Cause Hemorrhoids. https://www.healthline.com/health/phone-toilet-health-risks. (Diakses pada 5 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi