Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi beberapa orang, istilah scalling gigi adalah sesuatu yang menakutkan. Padahal, scalling gigi adalah istilah yang digunakan untuk membersihkan gigi. Pada dasarnya, proses scaling gigi  mudah dan nyaman. Namun, karena banyak orang tidak mengerti tentang istilah ini, sehingga menyebabkan mereka malas atau justru takut melakukannya.

Apakah Scalling Gigi Harus Rutin Dilakukan?

Photo Credit: Flickr.com/ Alliance Family Dental

Tumpukan plak yang membentuk karang gigi memiliki sifat yang keras dan menempel pada gigi. Bahkan, akibat plak yang terlalu keras, hal itu bisa melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning cokelat hingga hitam.

Untuk membersihkan karang gigi, alat yang digunakan disebut ultrasonic scaler. Alat khusus tersebut bekerja membersihkan sela-sela hingga bagian terdalam gigi dari tumpukan karang gigi serta bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi. Lantas, apakah scalling gigi adalah sesuatu yang harus rutin dilakukan?

Sejumlah pakar kesehatan menyarankan, bahwa scalling gigi sebaiknya dilakukan secara rutin, 1-2 kali per tahun. Dengan melakukan scalling gigi, dokter akan memeriksa gigi dan gusi Anda, sehingga gigi akan terhindar dari masalah-masalah seperti kerusakan gigi yang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti karang gigi maupun radang gusi. Selain itu, dokter dapat segera menangani jika ditemukan permasalahan.

Apa yang Anda dapatkan dari scalling gigi?
Scalling gigi adalah salah satu perawatan gigi yang sama pentingnya seperti mempercantik tampilan gigi. Perawatan gigi yang satu ini memang tidak terlalu mahal apabila dibandingkan dengan perawatan gigi lainnya, namun jangan meremehkan manfaat dari scalling gigi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda melakukan perawatan ini.

  1. Mencegah gigi rusak

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, akan membuat bakteri bersarang dan berkembang. Bakteri ini akan berkembang dan mulai merusak gigi apabila tidak dibersihkan dengan baik. Kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh bakteri ini bisa berupa gigi berlubang ringan hingga parah. Sementara itu, kerusakan yang ditimbulkan karang gigi dapat bekerja lebih cepat karena karang gigi dapat melemahkan enamel gigi akibat adanya bakteri di dalamnya.

  1. Mencegah gingivitis

Manfaat lain dari melakukan scaling gigi adalah mencegah gingivitis. Gingivitis adalah suatu kondisi di mana gusi mengalami peradangan. Penyebab utama dari gingivitis adalah karena adanya penumpukan plak di sekitar gigi. Semakin banyak karang gigi yang menempel pada gigi dan semakin lama Anda menunda untuk membersihkan karang gigi, maka risiko Anda terkena gingivitis akan semakin tinggi.

  1. Mencegah perubahan warna gigi

Munculnya karang gigi disebabkan akibat akumulasi dari sisa makanan yang membentuk plak, air liur, dan kuman. Pada akhirnya, karang gigi akan membuat gigi mengalami perubahan warna yang signifikan. Mulai dari munculnya warna kekuningan, kecoklatan, hingga kehitaman. Tentunya, warna gigi yang demikian akan tidak enak dipandang, sehingga prosedur scaling gigi diperlukan untuk membersihkannya.

  1. Membantu proses penambalan gigi

Karena kerusakan gigi yang parah, tak jarang para dokter gigi menyarankan pasiennya untuk melakukan penambalan gigi. Walaupun hanya menambal gigi, tetapi dokter juga masih memerlukan proses scaling gigi untuk membersihkan gigi dari kotoran yang membuat gigi menjadi busuk. Proses scaling gigi yang dilakukan sebelum penambalan gigi berfungsi untuk mensterilkan gigi dari gigi busuk yang sudah rusak dan terjangkit berbagai macam bakteri.

  1. Mencegah bau mulut

Bau mulut bisa terjadi karena adanya penumpukan bakteri pada mulut. Dan karang gigi merupakan kumpulan dari kuman yang juga berkontribusi terhadap bau mulut yang tidak sedap. Untuk diketahui, bakteri mengeluarkan bau yang tidak sedap pada saat ia mengeluarkan asam untuk merusak gigi. Scalling gigi adalah salah satu cara untuk membersihkan gigi dengan maksimal dan terhindar dari bau mulut.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin melakukan scalling gigi. Dengan gigi yang sehat tentu hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan produktifitas Anda. Masih ragu melakukan scalling gigi?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi