Terbit: 8 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berjalan merupakan salah satu tahap perkembangan motorik kasar pada bayi. Biasanya bayi mulai belajar berjalan pada usia di atas 9 bulan dan mulai lancar berjalan pada usia 15-18 bulan. Perkembangan masing-masing anak berbeda, karena itu tidak perlu resah jika melihat bayi lain yang seumuran dengan anak Anda sudah belajar berjalan sementara anak Anda masih merangkak.

Apa Saja Tanda Anak Siap Belajar Berjalan?

Bayi belajar berjalan atas kemauan dan kemampuannya sendiri. Sebagai orang tua, Anda bisa memerhatikan gerak-gerik anak Anda untuk melihat apakan ia sudah siap berjalan atau belum. Beberapa tanda bayi sudah siap belajar jalan antara lain:

Anak mulai berusaha berdiri
Sebelum berjalan, anak akan menunjukkan tanda untuk berusaha berdiri. Hal ini biasanya terjadi setelah posisi duduk. Anak Anda akan memegang benda kokoh di sekitarnya untuk membantunya bangkit dari posisi duduk.

Merambat
Selama proses belajar berjalan anak akan mengembangkan koordinasi, kekuatan, dan keseimbangan otot. Ia akan sering merambat atau berjalan dengan bantuan bimbingan obyek yang kokoh. Keyakinan berjalan anak akan terus tumbuh sampai ia merasa mampu berjalan sendiri tanpa bantuan.

Menapaki tangga
Salah satu tanda anak siap belajar jalan adalah ia semakin tertarik dengan tangga. Awalnya ia akan menapaki tangga dengan merangkak, lalu mencoba untuk berdiri dengan kakinya sendiri. Dampingi anak Anda saat berada di sekitar tangga untuk menghindari risiko jatuh dan cedera.

Jadi lebih berani
Saat anak menyadari bahwa ia memiliki kemampuan baru, biasanya ia akan jadi lebih aktif dan berani. Biarkan anak Anda bereksplorasi dan mencoba melangkahkan kaki setapak demi setapak.

Setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk belajar berjalan. Tetap semangati anak untuk berkembang sesuai tahapan umurnya dan hargai setiap prosesnya. Namun Anda perlu berkonsultasi pada dokter jika pada tahun pertama anak Anda sama sekali tidak belajar merangkak, atau belum lancar berjalan pada umur 2 tahun.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi