Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penyakit bau mulut merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi di segala usia, termasuk anak-anak. Umumnya bau mulut pada anak disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Namun ada juga penyebab bau mulut lainnya yang perlu Anda ketahui.

Apa Penyebab Bau Mulut Pada Anak?

Disari dari laman Parenting, berikut ini beberapa penyebab bau mulut pada anak:
1. Infeksi sinus
Jika bau mulut disertai dengan pilek, hidung tersumbat, adanya lendir kuning saat mengeluarkan ingus, sering batuk, dan anak mudah lelah, ada kemungkinan anak Anda mengalami infeksi sinus. Infeksi sinus menghasilan cairan yang menumpuk di saluran hidung dan tenggorokan yang menyebabkan area tersebut menjadi tempat yang baik bagi perkembangan bakteri. Segera bawa ke dokter jika anak mengalami gejala ini untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Amandel yang membengkak
Sebagai pemeriksaan awal, ambil senter untuk melihat kondisi amandel anak dengan jelas. Amandel yan gsehat berwarna merah muda seperti rongga mulut yang lain. Jika terlihat merah, membengkak dan memiliki bintik putih kemungkinan terjadi radang amandel. Bakteri yang ada dalam amandel juga bisa menyebabkan bau mulut yang mengganggu.

3. Mulut kering
Anak-anak umumnya sangat aktif hingga mengalami dehidrasi. Bau mulut pada anak yang sering melakukan aktivitas outdoor juga dapat disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Jika anak tidak mendapatkan cairan yang cukup, mulutnya akan memproduksi air liur yang lebih sedikit untuk membasuh bakteri penyebab bau mulut di dalam rongga mulut. Selain itu kondisi mulut yang kering juga dapat mengarah pada kerusakan gigi dan gigi berlubang.

4. Naiknya asam lambung
Jika bau mulut disertai dengan mual, kemungkinan asam lambung Anda akan naik. Gejala ini diikuti dengan sering meludah, tidak tenang saat tidur dan kondisi perut yang tidak nyaman. Atasi hal ini dnegan membuat anak duduk tegak dan tidak banyak bergerak setidaknya setengah jam setelah makan.

Untuk mengatasi bau mulut pada anak, pastikan anak-anak rutin menjaga kebesihan mulut dan giginya dengan gosok gigi sehari minimal dua kali sehari saat sehabis makan dan sebelum tidur. Anda juga perlu memastikan anak Anda selalu tercukupi kebutuhan cairannya. Jika ada gangguan kesehatan dalam area gigi dan mulut segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi