Terbit: 26 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain kegemukan, penuaan dini adalah hal yang sangat ditakuti oleh wanita. Untuk menghindari kulit wajah berkerut, muncul flek, hingga kasar, mereka sampai beli krim anti-ageing yang mahal. Padahal, untuk bisa awet mudah dan membuat kulit jadi sehat, wanita hanya butuh melakukan beberapa hal berikut ini.

7 Cara Mudah Membuat Kulit Menjadi Sehat dan Awet Muda

1. Jangan merokok
Saat merokok, racun yang terkandung dalam asap akan menyebabkan kulit jadi kusam dan berkerut. Kalau Anda ingin memiliki kulit sehat, jangan merokok. Kalau sudah merokok, coba dikurangi perlahan-lahan.

2. Makan harus dijaga
Makan sembarangan menyebabkan tubuh mengalami kegemukan. Lemak yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan kulit jadi tampak lebih tua dan kekenyalannya menurun. Lebih lanjut, kalau Anda suka makan di gerai cepat saji, nutrisi yang diserap tubuh akan kurang. Padahal kulit butuh Vitamin B, C, dan E.

Untuk mendapatkan vitamin yang baik untuk kulit, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar.

3. Kurangi konsumsi minuman keras
Saat mengonsumsi minuman keras atau alkohol dalam jumlah banyak, kulit akan perlahan kusut dan kering. Dampaknya, Anda akan kelihatan lebih tua dari umur. Banyak-banyaklah minum air putih ketimbang alkohol agar kelembapan kulit tidak menurun.

4. Lakukan olahraga secara rutin
Saat berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat. Sel-sel tubuh akan mudah melakukan regenerasi sehingga penuaan dini bisa dihindari. Berolahraga juga menghindari risiko obesitas yang sangat berbahaya.

5. Lakukan diet yang tepat
Diet bukanlah tidak makan, tapi mengatur asupan nutrisi pada tubuh akan mikronutrien dan makronutriennya seimbang. Dengan pola diet yang tepat, kesehatan kulit juga ikut terjaga.

6. Lindungi kulit
Saat berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, gunakan pelindung seperti sunscreen yang mengandung SPF 15 atau versi yang lebih baik. Krim ini akan mengurangi risiko kulit terkena sinar UV yang menyebabkan kulit kering hingga kanker.

7. Rutin bersihkan wajah
Setelah menggunakan make-up atau berolahraga, bersihkan kulit secara rutin. Saat dibersihkan, bakteri atau zat kimia tidak akan menempel dan menyebabkan kulit jadi tidak sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi