Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat melakukan perawatan wajah, namun bibir sering terlewatkan. Padahal, bibir sering terpapar polusi, kosmetik, hingga polusi. Apalagi mengingat bibir tidak dapat menghasilkan keringat atau minyak sendiri yang dapat membantu menjaga kelembabannya.

5 Rahasia Bibir Tetap Sehat dan Cantik

Photo Credit: Flickr.com/Lara Danielle

Agar bibir Anda tetap sehat, 5 langkah ini yang harus Anda ingat seperti yang dilansir dari How Stuff Works.

1. Jangan Menjilat Bibir

Anda mungkin merasa menjilat bibir akan membuatnya lebih lembab. Memang liur membuat bibir basah, masalahnya itu tidak cukup membuatnya lembab. Air liur mengandung enzim yang bermanfaat untuk mencerna makanan, namun justru keras untuk bibir. Akibatnya, bibir Anda malah akan semakin kering setiap kali menjilatnya.

2. Hati-hati Saat Memilih Lip Balm

Dari pada menjilat bibir, lebih baik gunakan lip balm untuk melembabkan bibir Anda. Pilih lip balm yang mengandung beeswak, petroleum jelly atau parafin. Hindari lip balm yang mengandung salicylic acid karena justru bisa membuat bibir Anda menjadi semakin kering. Sebelum memakai lipstik, pastikan juga Anda selalu memakai lipbalm terlebih dahulu.

3. Jangan Lupa Exfoliasi!

Pelembab bibir akan semakin efektif jika tidak ada tumpukan sel kulit mati pada bibir. Jadi, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi pada bibir sekali seminggu. Gunakan lip scrub berbahan lembut agar tetap aman untuk kulit.

4. Perbanyak Sayur dan Buah

Apa yang Anda makan mempengaruhi kondisi kulit Anda, termasuk bibir. Jadi, pastikan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk perbanyak minum air putih agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi dan kulit terjaga kelembabannya.

5. Hindari Rokok

Merokok juga akan mempengaruhi penampilan bibir Anda. Bahan yang terdapat dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Akibatnya, kebiasaan ini dapat mengembangkan keriput dan garis-garis halus di sekitar bibir sehingga menimbulkan tampilan kulit yang mengalami penuaan dini di sekitar bibir.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi