Terbit: 20 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kandung kemih biasanya akan penuh setelah diisi urine sebanyak 450-500 ml. Setelah kandung kemih penuh, otak akan segera memberi sinyal kepada pria untuk buang air kecil. Kalau menunda buang air kecil, kandung kemih bisa membesar dan mengalami  peradangan.

5 Masalah Kesehatan Penyebab Pria Sering Buang Air Kecil

Normalnya kita kencing setiap 3-4 jam sekali. Namun, pada kondisi tertentu, kita sering merasa ingin buang air kecil setiap sejam sekali atau bahkan kurang dari itu.

Kalau Anda selalu buang air kecil secara intens setiap hari, mungkin 5 hal di bawah ini adalah penyebabnya:

1. Anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau dalam bahasa medis sering disebut overactive bladder ini menyebabkan gangguan pada pria. Bahkan 30 persen pria di Amerika terkena anyang-anyangan sehingga aktivitas hariannya terganggu. Untuk mengatasi gangguan anyang-anyangan pria perlu lebih banyak olahraga dan minum air putih.

2. Infeksi saluran kemih

Penyebab selanjutnya dari gangguan sering kencing pada pria adalah infeksi saluran kemih. Pria yang jarang menjaga kesehatannya bisa terkena infeksi saluran kemih yang membuat penis jadi panas dan perut bawah nyeri.

3. Diabetes

Sering kencing setiap hari khususnya saat malam sehingga membuat Anda sering terbangun adalah tanda diabetes. Kalau gangguan sering kencing ini sudah cukup parah dan mengganggu aktivitas, coba segera lakukan pemeriksaan kesehatan.

4. Pembengkakan prostat

Prostat bisa membengkak karena banyak hal. Di antaranya, infeksi virus HPV yang bisa menyebabkan kanker dan sering bersepeda. Kondisi ini bisa membuat prostat jadi bengkak dan akhirnya menekan kandung kemih.

5. Interstitial cystitis

Gangguan ini sering disebut juga dengan nama painful bladder syndrome. Pria yang mengalami kondisi ini selalu mengalami rasa sakit saat kencing. Bagian perut bawah hingga pubis sering  nyeri dan membuat pria sering kencing.

Inilah lima penyebab pria sering buang air kecil. Kalau Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan kesehatan ya!


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi