Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun mata bengkak merupakan hal yang cukup umum terjadi, namun hal ini juga bisa jadi cukup mengesalkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, hal ini membuat Anda jadi terlihat seperti kurang tidur. Tapi, benarkah penyebab mata bengkak hanyalah kurang tidur?

5 Hal yang Membuat Mata Anda Bengkak

Photo Credit: Flickr.com/meaduva

Seperti yang dilansir dari Womens Health Mag, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menimbulkan mata bengkak. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menangis

Selain kurang tidur, menangis juga merupakan salah satu penyebab mata menjadi bengkak. Saat menangis, kelenjar lakrimal menghasilkan air mata yang mengandung lebih sedikit garam dan lebih berair. Nah, perbedaan konsentrasi garam antara air mata dan jaringan di sekitar mata inilah yang membuat mata menjadi bengkak.

2. Alergi

Mata bengkak juga bisa jadi muncul karena reaksi alergi. Saat Anda mengalami alergi, tubuh melepaskan histamin yang terkadang menimbulkan reaksi membengkak di area sekitar mata.

3. Alkohol dan garam

Pola makan yang tidak baik juga akan mempengaruhi tampilan mata Anda. Alkohol dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi dan mata menjadi kering. Sedangkan makanan yang mengandung banyak garam akan menahan air pada daerah mata yang menimbulkan mata terlihat bengkak.

4. Masalah Tiroid

Mata bengkak juga bisa jadi merupakan tanda-tanda adanya penyakit tertentu. Mata bengkak dapat terlihat pada orang yang menderita beberapa jenis hipertiroid, lupus, dermatomiositis dan penyakit jaringan ikat lainnya.

5. Posisi Tidur

Selain kurang tidur, posisi tidur yang tidak tepat juga dapat menimbulkan kantung mata atau mata menjadi bengkak. Tidur dengan posisi tubuh yang rata dapat membuat cairan terkumpul di bawah mata. Saat tidur, letakkan satu atau dua buah bantal di bawah kepala Anda.

Nah, jika Anda sudah tahu apa kemungkinan penyebabnya, kini Anda dapat mulai menerapkan pencegahannya. Bagaimana, apakah Anda siap mencobanya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi