Terbit: 19 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Olahraga memang baik untuk kesehatan pria. Dengan  berolahraga vitalitas dari pria bisa meningkat. Efeknya, aktivitas seksual bisa berjalan dengan lancar setiap saat. Pria bisa dengan mudah mendapatkan ereksi sempurna dan ejakulasi tidak datang cepat.

5 Gangguan Kesehatan Seksual pada Pria yang Hobi Bersepeda

Meski olahraga memberikan manfaat yang besar, melakukan olahraga yang berlebihan ternyata bisa menyebabkan pria mengalami gangguan pada tubuhnya. Pada pria yang suka bersepeda, gangguan kesehatan seks seperti daftar di bawah ini bisa saja terjadi.

1. Disfungsi ereksi

Bersepeda terlalu sering menyebabkan adanya gangguan ereksi pada pria. Kondisi ini bisa terjadi karena sadel yang terlalu sempit dan menekan pembuluh darah pada penis. Penekanan ini menyebabkan pembuluh darah jadi mengecil sehingga susah dialiri saat pria terangsang.

2. Peningkatan risiko kanker prostat

Hampir sama dengan nomor sebelumnya, area prostat juga tertekan saat pria bersepeda. Prostat yang terhimpit akan mengalami pembengkakan dan peradangan. Kondisi ini bisa menyebabkan pria mengalami gangguan ejakulasi saat bercinta.

Lebih lanjut, kalau pria terus membiarkan prostatnya cedera, kemungkinan terjadi infeksi akan semakin besar. Pada tahap terparah, prostat bisa mengalami kanker yang mematikan.

3. Kanker testis

Testis juga akan tertekan saat pria bersepeda. Belum lagi celana yang digunakan oleh pesepeda sangat ketat sehingga mengganggu pergerakan testis. Kondisi yang dialami oleh pria ini bisa menyebabkan terjadi kanker testis meski peluangnya kecil.

4. Kesemutan pada penis

Seperti halnya dengan tangan atau kaki yang tertekuk, penis juga bisa mengalami kesemutan. Aliran darah yang terhambat bisa menyebabkan penis kebas, mati rasa, dan muncul perasaan tidak nyaman.

5. Merusak sperma

Tekanan yang kuat dari sadel yang keras juga menyebabkan gangguan pada fungsi testis. Sperma yang dihasilkan bisa tidak sehat sehingga menyebabkan infertilitas.

Bersepeda sebenarnya baik untuk kesehatan, tapi lakukan dengan porsi yang pas. Selain itu pilih sadel yang tidak berbahaya penis.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi