Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anyang-anyangan bukanlah sebuah penyakit yang terjadi dengan sendirinya. Kondisi sering buang air kecil ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kondisi dari prostat dan ada atau tidaknya komplikasi penyakit tertentu.

5 Cara Mencegah Anyang-anyangan pada Pria

Anyang-anyangan mungkin tidak begitu berpengaruh pada kehidupan kalau frekuensinya tidak terlalu sering. Namun, kalau terjadi setiap hari, aktivitas harian akan terganggu karena kita jadi sering ke kamar mandi.

Nah, agar anyang-anyangan yang mengganggu ini tidak kembali muncul, adakah cara mengatasinya? Ada, coba simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Perhatikan kesehatan prostat
Prostat berpengaruh besar dengan muncul atau tidaknya gangguan kencing. Kalau prostat mengalami pembengkakan atau terkena kanker, anyang-anyangan disertai dengan nyeri akan terjadi.

Untuk mengatasi hal ini, minumlah banyak air paling tidak 6-8 gelas sehari. Selanjutnya, jangan sering menahan kencing kalau sudah kebelet. Terakhir, pergi  ke dokter dan periksakan kesehatan prostat secara berkala.

2. Kurangi merokok
Merokok menyebabkan gangguan pada tubuh karena racun dari asap yang masih bisa menyebabkan gangguan pada kandung kemih seperti kanker. Kalau kandung kemih terganggu, Anda akan sering buang air kecil meski tidak ada urine yang keluar.

3. Latihan kegel
Latihan kegel tidak hanya melatih otot bawah pelvic yang menyebabkan penis mudah mendapatkan ereksi. Latihan ini juga menguatkan bagian prostat sehingga kemungkinan terjadi anyang-anyangan tidak terjadi.

4. Turunkan kadar lemak
Kalau tubuh mengalami obesitas, lemak yang menggumpal akan menekan area kandung kemih. Kondisi ini menyebabkan pria alami gangguan kencing karena kinerja kandung kemih tidak bisa berjalan dengan lancar.

5. Perbanyak makan serat
Sembelit atau gangguan buang air besar menyebabkan urine terblokade di kandung kemih. Dampaknya, pria akan susah buang air kecil meski bagian kemih sudah ngilu karena terisi penuh dengan urine. Untuk mengatasi permasalahan ini, perbanyak konsumsi serat.

Semoga lima cara di atas bisa Anda praktikkan untuk mengatasi permasalahan anyang-anyangan yang menyiksa. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi