Terbit: 28 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman suku dan budaya. Agar dapat hidup berdampingan dengan harmonis, perlu membangun toleransi yang baik di setiap warganya. Untuk itu, anak-anak perlu belajar mengenai toleransi sejak dini.

Tips Mengajarkan Toleransi pada Anak

Melatih sikap toleransi pada anak

Untuk membekali anak agar menjadi pribadi yang memiliki sikap toleransi yang baik, Anda bisa melakukannya sejak dini. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Ajarkan anak untuk menyayangi sesama

Salah satu kunci keberhasilan dalam menumbuhkan sikap toleransi pada anak adalah dengan mengajarkan anak untuk menyayangi sesama tanpa memandang latar belakang. Ajarkan pada anak bahwa semua ras, suku dan budaya lainnya diciptakan setara sehingga tidak ada satu suku atau golongan yang lebih baik dari golongan lainnya.

2. Ajarkan anak mengenai sejarah Indonesia dan dunia

Jelaskan bahwa anak bahwa ia tinggal di Indonesia yang memiliki berbagai adat istiadat dan budaya. Ajarkan pada anak bahwa perbedaan yang ada justru membuat Indonesia makin kaya dan bukan menjadi alasan untuk terpecah belah.

3. Jangan batasi pergaulan anak

Bebaskan anak untuk bergaul dengan anak-anak dari berbagai golongan dan latar belakang. Ajari anak untuk saling menghormati perbedaan di antara mereka dan motivasi anak untuk bisa berteman dengan siapa saja tanpa memandang perbedaan.

4. Ajari anak untuk berbagi

Anda juga bisa menumbuhkan sikap toleransi dengan mengajari anak untuk berbagi sejak dini. Dengan demikian, anak akan memiliki sikap yang tulus dan tidak pandang bulu sebelum menolong orang lain.

5. Biasakan bersikap santun

Biasakan anak untuk bersikap santun sejak dini dengan selalu mengucapkan kata-kata “permisi”, “silakan”, “tolong” dan “maaf” pada kehidupan sehari-hari. Dengan mengucapkan kata-kata tersebut, anak-anak dapat belajar tentang ketulusan dan menghargai orang lain di sekitarnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi