Terbit: 24 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Perkembangan karakter anak juga perlu jadi perhatian khusus bagi orang tua. Salah satu tanda anak tumbuh optimal adalah ditandai dengan perkembangan fisik dan mental yang seimbang. Perkembangan mental anak yang baik dapat dilihat dari kemampuan sosial anak seperti mau menolong teman, kemampuan mengatasi masalah dan memiliki sifat mau beramal.

Tips Melatih Anak Agar Mau Beramal

Melatih anak agar mau beramal

Sebelum melatih anak untuk beramal, Anda bisa melatih anak untuk mau berbagi dengan sesamanya dalam konteks yang sederhana. Misalnya, anak mau membagikan makanan pada temannya, mau meminjamkan mainannya, dan mau membantu teman-temannya.

Untuk melatih anak agar mau berbagi Anda bisa melatihnya sejak dini. Sejak usia 15 bulan, anak-anak sudah mulai mengenal dan memahami perintah yang didengar. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak mau beramal antara lain:

1. Mencontohkan secara langsung

Anak usai balita mungkin terlalu dini memahami terjadinya musibah di sekitar. Untuk melatih anak agar mau beramal dan berempati dengan orang lain, Anda bisa mencontohkannya secara langsung. Ajak anak untuk bermain atau merayakan ulang tahun bersama anak-anak dari panti asuhan, atau ajak anak untuk ikut menyumbang pada posko korban bencana alam dan sebagainya.

Sebelum memahami situasi yang terjadi, anak-anak akan lebih mudah belajar dengan melihat sikap orang tuanya pada lingkungan sekitar. Jadikan kegiatan amal sebagai kegiatan rutin agar anak terbiasa melakukannya.

2. Hindari sifat egois

Meskipun si kecil sudah sering diajarkan untuk berbagi, namun terkadang ia tidak segera bisa melakukannya. Jika anak-anak bersikap demikian, sebaiknya tegur dengan lembut. Jangan segera memarahi anak jika ia tidak mau berbagi karena justru menyebabkan trauma dan anak semakin enggan untuk berbagi. Terus motivasi anak agar mau berbagi dalam kegiatan sekecil apa pun.

3. Ajarkan anak untuk selalu bersyukur

Sejak kecil, ajarkan pada anak untuk selalu bersyukur dengan semua hal yang dimiliki dan semuanya merupakan pemberian Tuhan. Melatih anak bersyukur dapat membantu anak agar tidak egois dan mau berbagi pada sesama.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi