Terbit: 27 May 2018 | Diperbarui: 9 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penting bagi anak untuk memiliki jadwal tidur yang teratur. Dengan jam tidur yang cukup, anak akan mendapatkan energi cukup untuk beraktivitas keesokan harinya. Namun ternyata melatih anak untuk tidur tepat waktu ternyata tidak semudah yang diduga.

Kesalahan Orang Tua Saat Melatih Anak Tidur Tepat Waktu

Kesalahan orang tua saat melatih anak tidur tepat waktu

Ketika orang tua sudah mencoba beberapa cara untuk mengajari anak tidur namun masih mengalami kesulitan, bisa jadi orang tua melakukan beberapa kesalahan berikut ini:

1. Tidak konsisten menetapkan jam tidur

Jika ingin anak tidur tepat waktu maka sebaiknya orang tua juga menetapkan waktu tidur yang konsisten setiap harinya. Misalnya, Anda ingin si kecil tidur pukul 9 malam, maka kondisikan kamar dan anak untuk siap tidur pukul 9 malam, tidak lebih dan tidak kurang.

2. Melewati rutinitas sebelum tidur

Rutinitas sebelum tidur dapat membantu anak untuk mempersiapkan diri sebelum tidur. Dengan melakukan rutinitas ini, anak tahu bahwa saat ini adalah waktunya untuk tidur dan berhenti melakukan aktivitas lainnya.

Beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa dilakukan bersama anak antara lain mematikan lampu, menggosok gigi, menyiapkan tempat tidur, atau membaca buku.

3. Terlalu banyak barang di tempat tidur anak

Sebagian besar orang tua meletakkan mainan atau buku dongeng di tempat tidur anak. Mungkin hal ini dirasa memudahkan Anda untuk membantunya cepat tidur, namun baran-barang tersebut justru membuat anak susah tidur.
Sebaiknya tempat tidur anak selalu dalam keadaan bersih dan lapang sehingga tidak mengganggu proses tidur anak. Jika Anda ingin meletakkan barang-barang tersebut, Anda bisa menggunakan rak yang diletakkan tidak jauh dari tempat tidur.

4. Anak terbiasa tidur dengan gestur tertentu

Agar anak merasa lebih rileks dan cepat tidur, banyak orang tua yang melakukan beberapa gestur seperti mengelus punggungnya atau melakukan beberapa gestur tertentu. Hal ini tidak salah, bahkan justru dapat meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak. Namun hal ini dapat menjadi kebiasaan setiap anak ingin tidur dan membuat anak bergantung pada Anda.

5. Orang tua cepat menyerah

Membiasakan anak tidur tepat waktu memang membutuhkan proses dan konsistensi dari orang tua. Setidaknya orang tua bisa menetapkan rutinitas ini selama 3 minggu untuk membentuk kebiasaan anak. Bersabarlah jika anak-anak belum bisa menerapkan kebiasaan ini dengan baik, dan terus ulangi agar anak-anak semakin disiplin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi