Terbit: 8 Februari 2018 | Diperbarui: 9 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kesehatan gigi anak merupakan salah satu proses tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan oleh orang tua. Dengan melakukan perawatan gigi sejak dini, anak akan memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari kerusakan gigi seperti berlubang atau karies. Salah satu bentuk perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan anak untuk menyikat giginya sendiri.

Kapan Mulai Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sendiri?

Sebenarnya tidak ada patokan khusus sejak usia berapa anak mulai diajarkan menyikat giginya. Namun sebaiknya sejak si kecil mulai tumbuh gigi sudah diajarkan mengenai cara merawat gigi yang baik agar giginya selalu sehat. Gigi anak biasanya tumbuh pertama kali sekitar usia 6-8 bulan dan sudah lengkap ketika usia 2 tahun.

Saat usia 6-8 bulan, bayi belum memiliki kemampuan motorik yang baik untuk menyikat giginya sendiri. Pada periode ini, orang tua bisa membantu anak untuk menyikat gigi dan membersihkan gusinya dengan kasa setelah minum susu.

Ketika anak berusia satu tahun dan sudah mampu memegang sikat giginya dengan kuat, Anda bisa mengajarkannya untuk menyikat gigi sendiri. Lakukan setiap dua kali sehari, yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur, atau setelah makan makanan manis seperti permen dan cokelat.

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pegangan yang kokoh. Beberapa ahli menyebutkan bahwa Anda sudah bisa menambahkan pasta gigi setelah anak berumur satu tahun, namun pendapat lain menyebutkan sebaiknya pasta gigi diberikan setelah dua tahun. Gunakan pasta gigi anak yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang dan membersihkan gigi dari sisa makanan. Saat menyikat gigi, Anda tak perlu khawatir kalau anak Anda menelan pasta gigi karena gtidak berbahaya.

Dampingi terus anak saat menyikat gigi hingga ia bisa berkumur dan meludah sendiri. Jika ia sudah mampu menyikat gigi dengan baik, maka Anda bisa membiarkannya menyikat gigi sendiri.

Selain belajar menyikat gigi sendiri, ajak anak untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Dengan pemeriksaan rutin, anda dapat memantau perkembangan kondisi gigi anak dari waktu ke waktu.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi